Tak Berdampak Pada Tenaga Kerja Sumbar


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:16:56 WIB
Tak Berdampak Pada Tenaga Kerja Sumbar

“Saat ini Dewan Pe­ngu­pahan telah turun ke beberapa daerah. Namun, tak ditemukan laporam ter­kait persoalan pele­ma­han ini di lapangan. Jika ada masalah Dewan Pengu­pahan tentu akan men­dapatkan informasi dan meneruskannya kepada Pemprov Sumbar untuk ditindaklanjuti,” terang­nya.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Untuk PHK kata So­fyan, biasanya terjadi jika pe­rusahaan atau pemberi ker­ja menanggung biaya ting­gi sementara produksi me­nurun. Sekarang hal itu be­lum terjadi. “Mudah-mu­dahan ke depan tetap sta­bil seperti ini,” im­buh­nya.

Disnakertrans juga me­ngim­bau kepada pemberi kerja untuk tidak langsung melakukan PHK jika kea­daan memburuk. “Kita tentu berharap, mele­mah­nya rupiah terhadap Dollar AS tidak berlanjut sehing­ga persoalan ketena­gaker­jaan ini bisa terelakkan,” tukasnya.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Terhadap pekerja asing yang bekerja di sektor per­ke­bunan dan pertam­ba­ngan di Sumbar, Sofyan mengatakan pihaknya ti­dak memiliki informasi sama sekali.

“Pengurusan izin tena­ga kerja asing itu dilakukan di pusat, meskipun nanti mereka akan bekerja di daerah. Akibatnya, peme­rintah provinsi maupun kabupaten dan kota tidak memiliki data terkait pe­kerja asing ini,” katanya.

Penjabat (Pj) Bupati Dhamasraya, Syafrizal mem­benarkan adanya ke­­mung­kinan pekerja asing di daerahnya. “Kita sudah minta Disna­ker­trans se­tem­pat untuk me­la­kukan pendataan para pekerja asing ini agar tidak terjadi per­soalan dikemudian ha­ri,” tutupnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]