Walikota Temukan Pengerjaan Drainase Tak Sesuai


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:19:15 WIB
Walikota Temukan Pengerjaan Drainase Tak Sesuai

Menanggapi hasil te­mu­an sidak tersebut, Mahyeldi An­sha­rullah mengingatkan kon­tra­k­tor mengenai pe­nger­jaan yang masih jauh dari kontrak kerja yang su­dah disepakati. “Ada saluran drai­nase yang sudah ditutup, tapi belum diplaster. Pe­nger­jaan­nya hanya asal selesai dan tidak sesuai dengan apa yang sudah disepakati,” ingat Mahyeldi.

Baca Juga : H-6 Lebaran, Pantai Purus Padang Sepi Pengunjung

Walikota menegaskan kepada kontraktor, untuk pengerjaan pro­yek drainase  harus be­kerja dengan baik. Dalam pengerjaan proyek jangan hanya mengejar keuntungan belaka. “Kepada asosiasi kontraktor diminta untuk membina kontraktor, su­paya jangan hanya melihat untung. Nanti kalau ada kontraktor dari luar masuk, para kontraktor Padang pro­tes lagi sama saya. Jadi, ke depan kon­traktor harus ma­m­pu be­kerja sesuai kon­trak kerja, baik itu untuk hasil dan tenggat waktu,” tegasnya.

Untuk pengawasan pro­yek, juga harus melakukan tugasnya untuk mengawasi. Untuk itu, pengawas harus bisa bertindak tegas dalam penga­wasan. Ka­lau kon­trak­tor tidak serius dan bekerja tidak sesuai de­ng­an target yang sudah di­ten­tu­kan, maka pengawas harus mengingatkan.

Baca Juga : Irawati Meuraksa Serahkan Donasi Spensa Peduli di SMP Negeri 1 Padang

“Kalau memang pe­nger­jaan proyek belum sesuai dengan apa yang disepakati, di­bong­kar saja,” katanya.

Mahyeldi me­nambah­kan, dengan tidak sesuainya pengerjaan proyek dengan kesepakatan awal, maka pihaknya akan melakukan tindakan lanjutan. “Kalau masih ada kontraktor yang nakal akan ditindaklanjuti, tapi mudah-mudahan se­telah ini tidak ada lagi kon­trak­tor nakal,” harapnya.

Pengawas yang be­la­ka­ng­an hadir menyatakan, akan tetap berupaya me­la­kukan tugasnya sesuai atu­ran yang sudah disepakati. “Iya pak, kalau pengerjaan tidak se­suai akan kami laku­kan peninda­kan,” ujarnya singkat.

Sementara Kepala Di­nas Pa­sar Padang, Endrizal me­nga­takan, sidak hari ini (ke­ma­rin,red) dilakukan untuk melakukan pengecekan ter­hadap pengerjaan drainase di Blok A Pasar Raya. Se­belum­nya, ada informasi langsung kepada walikota mengenai adanya pe­nyu­m­batan drainase yang sedang dikerjakan. Untuk itu, pi­hak­nya akan mengingatkan kontraktor dan pihak pe­ngawas. “Untuk target pe­nye­lesaian drainase di Blok A, akan selesai dalam dua bulan ini,” terang Endrizal.

Pantauan Haluan saat sidak, rombongan men­da­tangi dan melakukan penge­cekan terhadap pengerjaan drainase. Kemudian di­te­m­u­kan banyak kekurangan dari pengerjaan drainase, di antaranya masih ada drai­nase yang tersumbat dan ada yang sudah ditutup, tapi hanya seadanya. Melihat kondisi tersebut, walikota langsung memanggil penga­was proyek yang kebetulan tidak di lokasi dengan alasan semalam lembur. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]