280 Fotografer Akan Abadikan SISCa 2015


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:28:03 WIB
280 Fotografer Akan Abadikan SISCa 2015

“Iven ini bisa mengangkat kerajinan tradisional songket Silungkang Sawahlunto ke kancah inter­nasional, sebagai warisan dunia,” ujar Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, ketika meninjau kesiapan pelaksanaan iven, Kamis (27/8).

Baca Juga : Kadis Dukcapil Kabupaten Pessel Lakukan Sidam ke Unit Kerja Layanan di Kecamatan

Makanya, ujar Bapak tiga anak itu, iven SISCa 2015 dibarengi dengan lomba fotografi yang menyediakan total hadiah Rp50 juta. Target pemerin­tah, iven bisa terpromosikan dari berbagai media yang ada. Ali Yusuf melihat, promosi kerajinan tenun songket Silungkang Sawahlunto hari ini, merupakan langkah dalam mengulang sejarah tenun songket yang pernah dikenal dunia, di awal abad 20 lalu.

Di mana kala itu, di tahun 1910 tenun songket Silungkang dipromosikan dalam pameran pekan raya ekonomi, yang digelar di Brussel ibukota Belgia. Yang mendemonstrasikan cara bertenun, melalui Ande Baensah dari Kampung Melayu Silungkang.

Baca Juga : Distanhortbun Laksanakan Rakor dan Evaluasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Triwulan I

Waktu itu, hanya dua daerah penghasil songket dari Indonesia yang ikut dalam pekan raya ekonomi tersebut, yakni Silungkang dan Bali. Tentu saja, nama tenun songket Silungkang telah berkibar di gelanggang internasional kala itu.

“Saat ini, kita hanya mengulang kembali. Mem­pro­mosikan kerajinan tenun songket Silungkang, yang telah mendunia pada satu abad silam,” terang Ali Yusuf didampingi Wakil Walikota Ismed.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Bermanfaat Bagi Pengobatan Lansia

Dalam iven akbar SISCa 2015 ini, Sawahlunto pun hanya menggelontorkan anggaran sebesar Rp178 juta, sedangkan sisanya dibantu Kementerian Koperasi dan UKM, serta dukungan dari Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yang dipimpin Puan Maharani.

Acara dengan Even Organizer PT. Cendekia Mulia Komunikasi yang dipimpin Emilia Rosa Sitohang itu, akan dibuka Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 175, Sembuh 172, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Ali Yusuf mengaku berterima kasih, atas antusias ratusan fotografer dari berbagai provinsi di Indonesia, yang ikut berpartisipasi mengabadikan heletan akbar, yang akan berlangsung tiga hari ke depan. (h/dil)

BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]