PN Solok Tetapkan Hakim Kasus Wako Solok dan Wakilnya


Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:28:46 WIB
PN Solok Tetapkan Hakim Kasus Wako Solok dan Wakilnya

“Dalam waktu dekat ma­­­jelis hakim akan me­manggil tergugat, penggugat dan kuasa hukum kedua belah pihak. Setelah itu baru majelis hakim menentukan jadwal sidang,” ujar He­riyenti SH MH.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 156, Sembuh 106, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Lebih jauh Heriyenti mengatakan, pihak PN So­lok telah menerima surat gugatan Irzal Ilyas yang di­sampaikan oleh kuasa hu­kum­nya, Suryadi SH dan Rah­mat Wartira SH, Rabu (26/8).

Gugatan itu telah di­daf­tarkan dengan nomor per­kara No 13/pdt.g/20­15.­PN.SLK tertanggal 26 Agus­tus 2015. Dan surat gu­ga­tan itu telah ditin­dak­lan­ju­ti oleh PN Solok de­ngan me­netap­kan majelis ha­kim yang akan menangani per­kara.

Baca Juga : Mantan Wagub Sumbar Bangun Rumah Gadang Malintang Panai

Dikatakan Heriyenti, pi­­hak PN tidak berhak sama sekali untuk menolak per­ka­ra, namun demikian, ka­lau boleh meminta, hen­dak­nya kedua belah pihak ­me­­­nempuh jalan ke­ke­luar­ga­­­a­n untuk menyelesaikan per­kara perdata ini. Karena ba­gaimanapun juga tergugat dan penggugat merupakan to­koh dan panutan ma­sya­ra­kat.

Sebagaimana di­be­rit­a­kan sebelumnya, Irzal Ilyas menggugat Zul Elfian secara perdata karena Zul Elfian dinilai telah ingkar janji dan melanggar kontrak politik yang telah mereka sepakati  secara bersama di hadapan notaris Hj.Eldani SH pada tanggal 15 Januari 2010.

Baca Juga : BMKG Sampaikan Kisaran Ketinggian Hilal Jelang Penetapan Ramadan, Sumbar 3,66 Derajat

Dalam kontrak politik di bawah nomor 1.886/L/2010 itu disebutkan, keduanya sepakat untuk menanggung beaya yang diperlukan untuk memenangkan Pilkada Kota Solok tahun 2010 dengan perbandingan 60%: 40%. Artinya dari  total dana kampanye Rp 1.2­39.­436.­000 (satu milliar  dua ratus tiga puluh Sembilan juta empat ratus tiga puluh enam enam ribu rupiah), Zul El­fian menanggung 40% da­rinya,atau Rp 495.­774.­400.(Empat ratus Sembilan puluh lima juta tujuh ratus tujuh puluh empat ribu em­pat ratus rupiah).

Karena Zul Elfian tak ikut membiayai kampanye, maka terhitung sejak pasa­ngan Bareh Solok di­nyatakan memenangkan Pil­kada Solok 2010, maka ber­da­sarkan ketentuan da­lam pa­sal 3 huruf b Kontrak po­litik tersebut di atas, maka Zul Elfian dinyatakan  telah ber­hutang empat ratus juta le­bih. Dan sampai sekarang, Zul Elfian tak punya itikad baik untuk melunasi utang­nya itu.

Baca Juga : Waspada! Gelombang Tinggi di Mentawai Bisa Mencapai 5 Meter

Berbagai cara telah di­tem­puh Irzal Ilyas untuk me­nyelesaikan masalah utang piu­tang ini,baik secara lang­sung maupun lewat mediasi. Namun tidak pernah ada ka­ta sepakat. Karena tidak ada titik temu, maka Irzal Iyas mencari penyelesaian melalui jalur hukum.(h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]