Varian Susu Segar yang Menyehatkan


Jumat, 28 Agustus 2015 - 17:59:24 WIB
Varian Susu Segar yang Menyehatkan

Galeri Susu dan Kopi Sim­pang Lapan dike­lola oleh swasta. Sedangkan Ru­mah Susu adalah usaha plat merah atau milik Pe­merin­tah Kota Padangpanjang.

Baca Juga : 10 Game PC Gratis Terbaik yang Wajib Kamu Coba, Ini Daftarnya

Galeri Susu dan Kopi Sim­pang Lapan

Pemilik Ga­leri Susu Murni dan Kopi Sim­pang Lapan, Arif Sipahutar me­nye­butkan, ide menjual susu mur­ni ini ber­awal dari pe­nga­laman teman sa­ma kuliahnya, bernama Rach­mad. Sang rekan bekerja pada salah satu pabrik logam di Bandung.

Baca Juga : Dear Ladies, Begini Naik Motor yang Aman dan Menyenangkan

Setiap hari, Rachmad selalu minum susu kaleng Beruang agar kesehatannya tetap  terjaga. Sebab jika tidak minum susu, maka dia merasa daya tahan tubuhnya sedikit menurun. Apalagi dia bekerja di sebuah peru­sahaan yang menggunakan bahan berbahaya terhadap kesehatan. Tapi harga susu kaleng itu mahal.

Karena itu, Arif men­coba membuka usaha susu segar ini. Awalnya, mereka membuka galeri susu di Bukittinggi tahun 2010. Usa­hanya itu cukup laris. Bahkan banyak wisa­tawan yang minum susu murni digalerinya kala itu. Melihat perkembangan usa­ha yang cukup menggem­birakan itu, mereka pun membuka ca­bang masih di Bukittinggi.

Baca Juga : Jangan Sampai Dehidrasi saat Berpuasa, Bisa Merusak Mood Anda

Namun cabang usahanya itu tak bertahan lama karena pasokan susu murni tidak mencukupi. Galeri itu akhir­nya ditutup. Sekarang hanya tinggal satu  galeri di Bukit­tinggi.  Meski demikian, mereka tak patah arang. Tahun 2013, mereka  mem­buka galeri susu murni lagi di Padangpanjang, persisnya di Simpang Lapan, pada  sebuah kedai yang statusnya dikontrak.

“Ternyata minat ma­sya­ra­kat untuk mengkonsumsi susu murni itu cucup tinggi. Kita belum mampu me­menuhinya. Akibatnya, ga­leri susu murni yang baru dibuka itu terpaksa kita tutup,” ujar Arif.

Baca Juga : Telkomsel Hadirkan Solusi Keamanan bagi Para Pelaku Bisnis dan Pelanggannya

Galerinya menyediakan susu murni dalam aneka rasa seperti dalam ben­tuk ice cream dicampur fan­ta yang dijual dengan harga Rp8.000 per­porsi, susu mur­ni segar di­campur ca­puc­cino Rp12.­000, susu murni di­tambah cafe late Rp12.000, dan lainnya.

Untuk me­m­enuhi ke­butuhan susu murni, baik galeri susu di Bu­kit­tinggi maupun Padang­pan­jang, Arif me­ngaku me­ma­sok bahan ba­ku dari k­e­lom­pok tani (kel­tan) sapi perah di Pa­dang­pan­jang, seperti Kel­tan Ha­rapan Baru.

Dalam se­ha­ri, dia mem­bu­tuhkan susu mur­ni dalam jumlah yang cukup ba­nyak, yaitu sekitar 100 liter. Tetapi hing­ga saat ini ke­butuhan itu belum mampu terpenuhi lantaran kurangnya populasi sapi perah di Padangpanjang.

“Kita buruh se­hari itu mencapai 100 liter. Tetapi yang bisa terpenuhi baru  separuhnya atau 50 liter per hari,” terang Arif.

Menurut Arif, pe­lang­gannya keba­nya­kan anak-anak seko­lah dan masya­rakat.  Di galeri susunya itu juga tersedia ma­kanan ri­ngan se­ba­gai pendamping mi­num susu ter­ma­suk kopi  enak raci­kan nya mereka sen­diri yang ter­buat dari kopi asli.

Untuk kelancaran usa­hanya, Arif mem­pekerjakan 4 orang karyawan dengan sis­tim kekeluargaan. Di­samping memb­eri­kan gaji, perusahaan juga mem­­beri­kan perhatian seperti layak­nya perhatian kepada kelu­arga sendiri. Dengan de­mikian para karya­wan me­rasa membesarkan usahanya diri. (***)

 

Laporan :
IWAN DN

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]