Terbaik Tata Kelola BOS Nasional


Jumat, 28 Agustus 2015 - 18:01:13 WIB
Terbaik Tata Kelola BOS Nasional

“Alhamdulillah, sekolah kita menerima penghargaan sebagai juara I dalam lomba tata kelola dan BOS tingkat nasional, yang diselenggarakan di Hotel Swiss Bell Airpor Cengkareng, Tang­­gerang Banten tanggal 13-16 Agustus kemarin,” ujar Kepala SDN 04 Birugo Hj Artispen, kepada Haluan, Jumat (21/8).

Baca Juga : Penginapan di Pantai Anyer 

Dikatakannya, dalam lomba diting­kat nasional tersebut di­ikuti oleh 34 sekolah dari berba­gai provinsi di tanah air. Se­banyak 34 sekolah itu melakukan presentasi terhadap tata kelola dan penggunaan dana BOS yang dite­rapkan, mulai dari adminis­trasi, penggunaan, perencanaan pelak­sanaan dan pelaporan serta dam­pak dari dana Bos di lapangan.

Dari hasil pengumuman lom­ba tata kelolala BOS tingkat nasional yang dikeluarkan, maka SDN 04 Bukittinggi Sumatera Barat (Sumbar) keluar sebagai juara pertama, Juara II SD dari Provinsi Makasar dan Juara III SDN dari Gorontalo. Dan disaat yang bersamaan sekaligus dise­rahkan penghargaan oleh Dirjen Pendidikan Dasar Menengah, Hamid Muhammad.

Baca Juga : Kajur Teknik Sipil PNP Sebut Kampus Merdeka Mendobrak Tembok Antar Disiplin Keilmuan

Atas prestasi yang diraih sebagi juara I ini kata Artispen, dirinya merasa terharu, gembira dan bangga sekali. Karena dari 34 sekolah yang bertanding SDN 04 Birugo keluar sebagai juara I. Prestasi ini tidak saja membawa nama kota Bukittinggi ditingkat nasional tapi  juga nama Sumbar.

“Dari prestasi yang diperoleh, kita mendapatkan reward me­ngikuti upacara HUT Kemer­dekaan RI ke 70 di Istana Negara. Sekaligus uang sebesar Rp 50 juta untuk pengelolaan  BOS SDN 04 Birugo,” ujar Artispen.

Baca Juga : Yah.., Beginilah Prostitusi Online di Kota Pekanbaru

Dirinya menjelaskannya, sebe­lum maju ditingkat nasional sebelumnya sudah melalui se­rang­kaian tahap seleksi penilaian mulai dari tingkat kota dan pro­vinsi.

Dari hasil seleksi penilaian yang dilakukan ditingkat propinsi, maka SDN 04 Birugo mewakili Sumbar  dalam penilaian keting­kat nasional.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

Dalam penilaian ditingkat nasional, penilaiannya dilakukan dalam 2 tahap. Penilaian tahap pertama dilakukan melalui kun­jungan ke sekolah untuk peme­riksaan dokumen dan wawancara dengan warga sekolah. Sedangkan penilaian tahap 2, dilakukan melalui presentasi dan wawan­cara dari perwakilan sekolah atau kepala sekola yang bersangkutan di Jakarta.

Berkat dukungan dan ker­jasama dari semua pihak seperti  Dinas Pendidikan Kota Bukit­tinggi,komite sekolah, majelis guru, para murid dan orang tua murid, maka SDN 04 Birugo bisa memberikan contoh yang terbaik untuk Pendidikan dikota Bu­kitting dalam tata kelola dana Bos. Seiring dengan diraihnya Juara I dalam lomba tata kelola BOS ditingkat nasional.

“Ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi sek­o­lah, karna sekolah berhasil dalam mengelola, menggunakan dan mengendalikan  dana BOS terse­but secara ekonomis, efisiensi, efektifitas, transparansi, akunta­bilitas. Kedepannya kita berharap bisa meningkatkan pengelolaan BOS di SDN 04 Birugo,” ucap Artispen.

Ia menambahkan, dana BOS yang diterima sekolah dikelola secara mandiri oleh pihak seko­lah. Dari sisi manajemen ke­uangan, dituntut untuk mampu melakukan perencanaan, pelak­sanaan, evaluasi, dan pertang­gungjawaban pengelolaan dana secara baik dan transparan. Sebab dana Bos yang digunakan diawasi penggunaannya oleh Dinas Pen­didikan dan Inspektorat.

Menurutnya, pengelolaan da­na BOS yang baik tidak terlepas dari prinsip ekonomis, efisiensi, efektifitas, transparansi, akun­tabilitas, dan kejujuran. Berkat upaya pengelolaan dan pengen­dalian yang dilakukan berda­sarkan prinsip tersebut, telah berhasil membawa SDN 04 Bi­rugo menjadi juara I dalam lomba tata kelola BOs tahun 2015 ting­kat nasional. (*)

 

Laporan:  
RUDI GATOT

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]