Cegah Cari Pembenaran di Pengadilan


Jumat, 28 Agustus 2015 - 20:25:43 WIB
Cegah Cari Pembenaran di Pengadilan

Karena itu, lanjutnya, pada setiap kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota dapat membentuk Forum Koor­dinasi dan Komunikasi Limbago Adat Nagari-Nagari tingkat kecamatan. Tu­juannya untuk menjembatani antar lim­bago adat maupun dengan pihak pe­me­rintah kecamatan. “Setelah ter­be­n­tuknya for­um koordinasi dan ko­mu­nikasi lim­bago adat nagari-nagari tingkat kabu­paten, kita berharap forum serupa juga segera terbentuk di tingkat kecamatan. Tujuannya sebagai wadah penghubung antar limbago adat mau­pun dengan pemerintah daerah,” ungkap Ketua Forum Koordinasi dan Ko­munikasi Limbago Adat Nagari-Nagari itu.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Dikatakan, untuk bisa berperan sesuai aturan yang ada, Alis mengajak para niniak mamak benar-benar me­mahami Perda tentang pemerintahan nagari. Dengan begitu niniak mamak diharapkan pula mampu menjembatani berbagai persoalan yang ada se­bagaimana termuat di dalam Perda.

Kepala Badan Pemberdayaan Ma­syarakat (BPM) Kabupaten Limapuluh Kota, diwakili Sekretaris BPM Usman, S.Pd, M.Pd dalam laporannya me­nyebuut, tujuan sosialisasi antara lain agar ter­bentuknya struktur kepengurusan limbago adat nagari yang diamanatkan Perda Nomor 2 tahun 2013 tentang Pe­me­rintahan Nagari.

Baca Juga : Cuaca Objek Wisata Sumbar Dilanda Hujan hingga Malam

Selain itu untuk terbentuknya wadah atau forum koordinasi limbago adat nagari di tingkat kecamatan. Sosialisasi diikuti camat, walinagari dan niniak mamak dari Kecamatan Luak, Lareh Sago Halaban dan Situjuah Limo Nagari. Kegiatan yang sama juga akan digelar di empat tempat lain, masing-masingnya Kecamatan Gunuang O­meh, Suliki, Bukik Barisan, Guguak, Mungka, Harau, Pangkalan Kotobaru dan Kapur IX. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]