ASN Kembali Diingatkan Jaga Netralitas


Jumat, 28 Agustus 2015 - 20:34:14 WIB
ASN Kembali Diingatkan Jaga Netralitas

Ditambahkannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tahapan kampanye mulai Kamis (27/8) lalu hingga tanggal 5 Desember 2015 mendatang. Sehingga diimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemprov Sumbar diminta untuk tidak terlibat dalam segala bentuk kegiatan kampanye, seperti ikut dalam kegiatan pertemuan, menyampaikan ajakan memilih, hingga turut membagikan bahan kampanye.

Baca Juga : Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021

“Jika ditemukan dan terbukti ada keterlibatan oknum PNS yang terlibat kegiatan kampanye, maka yang bersangkutan akan diberikan sanksi tegas,” pungkas Donny. Untuk menjaga netralitas ASN selama pelak­sanaan Pilkada, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah mengirim edaran yang salah satunya berisi larangan penggunaan fasilitas dinas untuk kegiatan Pilkada.

Merujuk Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati/Walikota, fasilitas dinas tidak boleh digunakan untuk Pilkada. Merujuk UU Nomor 17 tahun 2013 tentang keuangan Negara, UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang per­bendaharaan negara yang dimaksud dengan fasilitas bukan hanya sekedar kendaraan melainkan termasuk juga uang, barang dan jasa yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga : Geledah Kamar Hunian, Petugas Lapas Klas II B Padang Temukan Sajam

Untuk itu gubernur harus dapat memastikan suasana di daerahnya berjalan aman dan lancar dengan tetap menjalankan roda pemerintahan secara maksimal. “Meskipun jabatan Pj hanya sementara hingga kepala daerah terpilih dilantik jadi kepala daerah definitif, roda pemerintahan harus tetap jalan,” tegasnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]