Masjid Raya Dikelola Yayasan


Jumat, 28 Agustus 2015 - 20:37:57 WIB
Masjid Raya Dikelola Yayasan

Pembentukan yayasan akan diikuti dengan pem­bentukan dewan pengawas, di­reksi dan sebagainya. Un­tuk pembentukan yayasan Pemprov Sumbar akan me­lakukan rapat dengan pim­pinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), semua Bupati/Walikota, Ketua DPRD Kabupaten/Kota Perguruan Tinggi, Forum Komunikasi Pim­pinan daerah Sumbar (For­kopimda), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tokoh masyarakat minang, termasuk Bando Kanduang.

Baca Juga : Dukung Kemajuan Olahraga, Pemko Padang Bakal Bangun Stadion Sepak Bola Bertaraf Internasional

“Sebenarnya saya seba­gai Pj Gubernur ditantang oleh Bapak Jusuf Kalla, bagaimana pembangunan Masjid tuntas. Pak Wapres pu­nya perhatian dalam men­dorong percepatan pem­bangunan Masjid Raya Sum­bar, “  ungkap Donny yang juga Ditjen Keuangan Dae­rah di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Lanjutnya, sekarang pro­gres pembangunan Masjid Raya Sumbar masih 49 per­sen atau dengan serapan anggaran mencapai Rp202 miliar dalam jangka waktu delapan tahun. “Itupun ha­nya mengandalkan APBD. Sekiranya terus me­ngan­dalkan APBD tentu siap juga, bisa saja siap empat tahun lagi, itupun butuh waktu lama,” tandasnya di depan Ketua DPRD Sum­bar Hendra Irwan Rahim, Fo­rum Komunikasi Pimpinan dae­rah Sumbar, Wakil Bu­pati Tanah Datar, Pamong Se­nior Rusdi Lubis, Wawako Padang Emzalmi, unsur MUI dan Perguruan Tinggi yang hadir dalam kesempaan tersebut.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah Bagi 150 PNS

Sementara kata Gu­ber­nur dalam kondisi saat ini, setiap sumbangan yang ma­suk tentu melalui siklus anggaran, adanya proses APBD. Atas dasar itu lah timbul pemikiran, mem­bentuk yayasan, yang nan­tinya tentu melibatkan par­tisipasi masyarakat yang lebih banyak.

“Kita punya pemikiran bersama dengan DPRD, tokoh masyarakat untuk membentuk yayasan. De­ngan ada yayasan semoga par­tisipasi masyarakat akan lebih tinggi, kita lebih flek­sibel. Kita punya komitmen bersama mempercepat pem­bangunan Masjid Raya,” ucapnya.

Baca Juga : Jelang Ramadan 1442 H, ACT Lakukan Gerakan Kebaikan Tanpa Batas

Gubernur juga akan me­lobi provinsi lain seperti Papua Barat, DKI Jakarta, Riau untuk memungkinkan ada celah dapat membantu percepatan pembangunan Masjid Raya.

“Saya punya kewajiban yang tulus ikhlas mem­ba­ngun Sumbar, disisa  pe­ngab­diannya di Depdagri saya berkomitmen mem­bantu, mendorong pem­bangunan Sumbar ter­masuk Masjid Raya, walau­pun itu hanya 6 bulan,” pung­kasnya.

Baca Juga : Pasar Murah di Padang, Banyak Diskon yang Ditawarkan

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar Hendra Ir­wan Rahim menuturkan, ga­gasan pembentukan yaya­san yang disampaikan gu­bernur merupakan ide yang sangat baik. Sekarang ba­gaimana cara merangkul semua elemen masyarakat, duduk bersama dalam rang­ka membangun Masjid Raya Sumbar agar cepat selesai.

“Masjid Raya me­ru­pakan ikon Sumbar, ke­banggaan masyarakat kita, jadi mari kita dukung ber­sa­ma-sama pem­bangunannya, DPRD siap membantu,” imbunya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]