Baliho dan APK Paslon Pilkada Sudah Ditertibkan


Ahad, 30 Agustus 2015 - 18:30:19 WIB
Baliho dan APK Paslon Pilkada Sudah Ditertibkan

Umumnya, kata Vifner, alat peraga kampanye yang menyalahi aturan yang dipa­sang oleh kedua pasangan calon tersebut, merupakan alat peraga yang dipasang sebelum adanya tahapan kampanye.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 156, Sembuh 106, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Alat-alat peraga yang umumnya dipasang tersebut hampir tersebar di seluruh nagari yang ada di Padang Pariaman. “Beberapa nagari telah bersih dari baliho yang tidak sesuai aturan,” jelas­nya.

Penertiban ini, aku Vif­ner, akan terus dilakukan, hingga baliho-baliho calon yang tidak sesuai aturan tersebut benar-benar tertib.

Baca Juga : Mantan Wagub Sumbar Bangun Rumah Gadang Malintang Panai

Dijelaskan Vifner, me­mang pasangan calon telah mulai membuka alat pera­ganya sendiri, tapi banyak alat peraga tersebut yang masih terpasang.

“Alat-alat peraga kam­panye hanya boleh dipasang pada posko-posko peme­nangan dan kantor partai politik pendukung,” terang­nya.

Baca Juga : BMKG Sampaikan Kisaran Ketinggian Hilal Jelang Penetapan Ramadan, Sumbar 3,66 Derajat

Sementara itu, Tim ga­bu­ngan PPS, PPK, PPL dan Panwascam Patamuan me­nertibkan semua atribut Alat Peraga Kampanye (AP­K) calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dan calon Bupati Pa­dang Pariaman dan wakil bupati yang terpasang di Kecamatan Patamuan.

“Seluruh APK yang ter­pasang kita tertibkan men­jelang APK yang dibuat KPU Padang Pariaman di­pa­sang pada titik-titik yang sudah ditetapkan. Alham­dulillah seluruh atribut su­dah kita bersihkan pada hari Sabtu (29/8),” kata Ketua PPK Kecamatan Pata­mu­an Arsil.S.Ag kepada Halu­an kemarin.

Baca Juga : Waspada! Gelombang Tinggi di Mentawai Bisa Mencapai 5 Meter

Untuk itu pihaknya me­ngu­capkan terima kasih kepada Panwascam Pata­muan bersama jajarannya yang telah turut mendam­pingi PPK dan PPS untuk menertibkan alat peraga kampanye tersebut.

Sementara itu Ketua Pan­wascam Patamuan, Dar­wisman yang didampingi Komisioner Panwascam yang membidang Devisi Pencegahan dan Hubungan Antara Lembaga Zulfi Hen­dra, ST serta Kepala Sek­retariat Panwascam Pata­muan Syofyan N SSos me­nga­takan, seluruh Alat Pe­raga Kampanye harus diter­tibkan. Pasangan calon ke­pala daerah tidak dibenarkan lagi memasang alat peraga kampanye.

“Jadi yang berhak yang memasang Alat Peraga Kam­panye adalah Komisi Pe­milihan Umum (KPU) bersama jajarannya, pada titik-titik yang sudah diten­tukan. Untuk kecamatan Patamuan adalah 50 titik lokasi pemasangan yang tersebar pada tiga nagari, pada 50 titik inilah nantinya APK akan terpasang,” kata Darwisman menambahkan. (h/ded/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]