Pemko Rancang 13 Rencana Aksi Revitalisasi Kota Tua


Ahad, 30 Agustus 2015 - 18:57:04 WIB
Pemko Rancang 13 Rencana Aksi Revitalisasi Kota Tua

“Semua hasil penelitian yang dijabarkan para pene­liti, tentu tidak akan berarti tanpa keterbukaan warga pemilik bangunan berse­jarah di Kota Tua untuk bekerja sama. Dan tentunya itulah yang kami harapkan. Karena kenyataannya saat ini bangunan bersejarah itu ba­nyak yang menjadi gu­dang saja,” ucap Emzalmi.

Baca Juga : Lakukan Mutasi Besar-besaran, Hendri Septa: Penyegaran Birokrasi

Menanggapi hal terse­but, Kepala Dinas Pariwi­sata Kota Padang, Dian Fakhri kepada Haluan men­­ja­­barkan, 13 aksi yang akan dilakukan secara ber­tahap dalam upaya revita­lisasi Kota Tua secepatnya, dengan tujuan utama men­jadikan kota tersebut seba­gai warisan nasional.

“Dalam waktu dekat ka­mi akan menggelar per­te­muan dengan para pemi­lik bangunan bersejarah yang ada di Kota Tua. Jum­lah bangunan yang tercatat saat ini sekitar 244 bangu­nan,” jelas Dian, Sabtu (30/8).

Baca Juga : Hendri Septa Kembali Lantik 194 Pejabat Eselon III dan IV

Lebih lanjut ia jabarkan, 13 aksi tersebut diawali dengan inventarisasi dan pendaftaran cagar budaya. Saat ini, seluruh data telah terkumpul dan menunggu terbitnya sertifikat. Kemu­dian, aksi akan dilanjutkan kepada penetapan deliniasi kawasan, merumuskan ren­cana implementasi peles­tarian bersama para stake­holder dan dilanjutkan de­ngan proses pengusulan Kota Tua menjadi warisan nasional.

Setelah itu, lanjutnya, akan dibentuk badan penge­lola kawasan cagar budaya, membentuk unit pelaksana tugas daerah (UPTD) pe­nge­lolaan, pembentukan de­wan heritage Kota Pa­dang, pembentukan orga­nisasi persatuan pemilik bangunan tua bersejarah, memprovokasi tumbuhnya lembaga swadaya masya­rakat bidang heritage di Kota Padang, pemugaran fisik cagar budaya, penyu­sunan zoning regulation (aturan zona) kawasan Ko­ta Tua dan diakhiri dengan mengarahkan pelaksanaan iven-iven Kota Padang ke kawasan Kota Tua.

Baca Juga : Walikota Padang Hendri Septa Terima 500 Paket Sembako bagi Petugas DLH dari BNI Wilayah 02 Sumbar Riau Kepri

“Tentunya dengan kerja sa­­ma semua pihak terkait, ter­lebih lagi masyarakat yang tinggal di kawasan Ko­ta Tua, 13 rencana aksi ter­sebut dapat berjalan dalam waktu yang tidak lama,” tutup Dian. (h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]