UGM Laksanakan StiRRRD


Senin, 31 Agustus 2015 - 17:55:28 WIB
UGM Laksanakan StiRRRD

“ Kerjasama yang dilaku­kan untuk semakin mene­kan resiko bencana. Pro­gram tersebut sangat bagus dalam mendampingi sejum­lah program yang dilakukan sebelumnya dalam mengu­rangi resiko bencana di Ka­bu­paten Agam,” ungkapnya.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Dikatakannya, dalam peningkatan pembangunan di bidang penanggulangan bencana, pemerintah Kabu­paten Agam, telah mela­kukan beragam upaya mela­lui kebijakan dan prog­ram antara lain, pembenahan regulasi kebencanaan de­ngan menyusun SOP dan peraturan, memudahkan pelaksanaan teknis penang­gulangan bencanan di la­pangan.

Selain itu, secara ke­lembagaan juga dibentuk komunitas masyarakat pe­duli bencana seperti kelom­pok siaga bencana (KSB) yang keanggotaannya terdiri dari para relawan di tingkat nagari. Setelah diterbit­kan­nya UU No 6 Tahun 2014 tentang desa maka pem­bentukan pengembangan KSB kewenagannya diserah­kan kepada tingkat nagari.

Baca Juga : Cuaca Objek Wisata Sumbar Dilanda Hujan hingga Malam

“ Keberadaan KSB sa­ngat bermamfaat. Meski sudah diserahkan kepada nagari pemerintah komit­men melakukan pembinaan agar kegiatan dan kelem­bagaannya terus eksis dan berkembang sehingga tujuan pembentukannya dapat ter­la­ksana secara baik. Selain itu juga masih cukup banyak lagi kegiatan serta program dalam mengurangi resiko bencana di Agam,” ung­kapnya.

Bambang menambah­kan, Agam merupakan me­ru­pakan satu dari delapan kabupaten kota di Indonesia yang mendapatkan program ini. Ia berharap program Strengthened Indonesia Resilience Reducing Risk From Disasters nantinya akan semakin memperkuat, serta memperkaya pengu­rangan resiko bencana di Kabupaten Agam. “ Kerja­sama ini kendapatnya bisa terlaksana dengan baik dan bermamfaat bagi masya­rakat,” jelasnya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]