Fajarudin Didatangi Puluhan Demonstran


Senin, 31 Agustus 2015 - 17:57:35 WIB
Fajarudin Didatangi Puluhan Demonstran

Devi Irawan, melalui orasinya pada ke­sempatan itu menyanpaikan, aksi solidaritas pihaknya dan disampaikan kepada Pj Bupati, Fajarudin bukan sekedar menyampaikan aspirasi masyarakat. Sesuai misi, tuntutan yang disampaikan adalah berkaitan kurang aspi­ratifnya Pemda Pasaman Barat menyikapi harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Sejak beberapa minggu terakhir kata Devi, harga jual sawit anjlok di Pasaman.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Virus Corona di Sumbar Bertambah, Total 901 Kasus

Pemerintah daerah sebutnya, tentu me­miliki kewenangan akan harga penjualan TBS kelapa sawit di pasaran Pasaman Barat. Hingga saat ini, harga penjualan TBS masyarakat ke pihak perusahaan berkisar antara Rp600 hingga Rp650 per kilogram. Sementara daftar harga di perusahaan, seperti di Perusahaan Perkebunan Nusantara (PTP) VI Unit Usaha Ophir, dan perusahaan perkebunan sawit lainnya di Pa­saman Barat, mencapai Rp1500 per kg.

Padahal, sebagian warga Pasaman Barat, ulas mereka, berkebun kelapa sawit adalah primadona andalan bagi mereka. Jika Pemda Pasaman Barat tidak menyikapi hal ini dengan baik dan sungguh-sungguh, pihaknya khawatir petani kepala sawit di Pasaman Barat akan gigit jari.

Baca Juga : Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh di Sumbar Bertambah 242 Orang, Total 37.002 Kasus

Menyikapi kondisi tersebut, Pj Bupati Pasaman, Fajarudin menyampaikan, pihak Pemda Pasaman Barat mengetahui atas anjloknya harga penjualan TBS kelapa sawit di kalangan petani kelapa sawit di Pasaman Barat. Sejalan hal dimaksud, Pemda bersama pihak terkait berupaya mencarikan solusinya. Pada beberapa hari ke depan, pihaknya memanggil pihak terkait, melaksanakan urung rembuk atas persoalan menimpa petani kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat saat ini.

“Percayalah, kami bersama pihak terkait sesegeranya mengadakan pertemuan, mem­bahas terhadap anjlok dan amburadulnya harga jual TBS kelapa sawit di Pasaman Barat. Kendati demikian, saling pengertian semua pihak dan masyarakat sangat dibutuhkan, agar harapan kita bersama terwujud,” kata Fa­jarudin. (h/gmz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]