Jelang Akreditasi Internasional, FT Kebut Akreditasi A


Senin, 31 Agustus 2015 - 18:03:14 WIB
Jelang Akreditasi Internasional, FT Kebut Akreditasi A

“Ini merupakan salah satu langkah yang kami tem­puh untuk meraih akre­dita­si internasional, di­sam­ping persiapan lainnnya. Seperti lokakarya yang di­ada­kan ini. Kami meminta Arizona State Uni­ver­sity melalui USAID HEL­M un­tuk men­dam­pingi,” kata­nya di sela-sela lokakarya tahap kedua pen­didikan kepemimpinan un­tuk pro­gram akreditasi tek­nik (LE­E­AP) di Per­pustak­aan Una­nd, Senin (31/8).

Baca Juga : Pasar Murah di Padang, Banyak Diskon yang Ditawarkan

Untuk meraih akreditasi internasional ini sekitar Rp700 juta sudah di­ku­cur­kan pihak uni­ver­si­tas. Se­cara umum, per­siapan sudah mencapai 50 persen dari sisi akademik.  Harapannya, pada 2020 fakultas ini sudah meraih akreditasi tersebut.

“Dengan demikian lu­lusan bisa dengan mudah mendapat pekerjaan di luar negeri. Kerjasama dengan dunia internasional pun se­makin mudah,” ucapnya.

Baca Juga : Malamang, Tradisi Unik Jelang Ramadan di Padang

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi Unand Tafdil Husni mengatakan, saat ini prodi pada program pasca sarjana fakultas eko­nomijuga menyiapkan diri meraih akreditasi inter­nasional. Sementara untuk studi sarjana saat ini juga dipersiapkan ju­ru­san akun­tan­simanajemen un­tuk me­miliki akre­ditasi ASEAN University Net­work (AUN).

Sebagai rektor terpilih, Tafdil mendukung adanya upaya-upaya meningkatkan akreditasi seperti ini. De­ngan kegiatan ini pro­gram student exchange bisa di­se­leng­garakan dengan mudah. Karena sudah memiliki stan­dar yang sama dengan per­guruan di luar negeri.

Baca Juga : Kembangkan Bakat Remaja, Rabbani Sport Center Hadir di Padang

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Werry Darta Taifur juga meng­harap­kan hal yang sama. Unand patut berbangga ka­rena bisa meraih ke­sem­pat­an untuk mendapatkan akre­ditasi internasional ini. Un­and merupakan salah satu perguruan tinggi di luar Pulau Jawa yang mendapat kesempatan tersebut.

Chief of Party USAID Helm Andrea Bosch me­nga­takan, institusi pendidikan tinggi saat ini beroperasi dalam lingkup internasional dan regional. Mahasiswa per­lu memahami bahwa gelar yang diakui secara inter­nasional akan memu­dahkan memasuki dunia kerja.

Baca Juga : Pedagang 'Bunga Rampai' Musiman di Padang Menjamur

“Penjaminan mutu me­ru­pa­kan bagian penting dari reformasi pendidikan tinggi di Indonesia dan kontrol mutu serta akreditasi me­main­kan peran penting da­lam hal tersebut,” katanya.

Pendidikan ke­pe­mim­pinan untuk program akre­ditasi teknik ini sendiri telah diresmikan Juni lalu dan akan berlangsung hingga satu tahun mendatang. Pada tahap pertama sebagai tin­dak lanjut program ini, telah dilaksanakan lokakarya per­tama dan lokakarya kedua pada 31 Agustus-4 Sep­tem­ber ini. Unand terpilih se­bagai mitra HELM karena memiliki kesiapan dan ko­mit­men yang tinggi. Unand juga memiliki sejarah yang panjang dengan USAID sejak 2012 lalu. (h/eni)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]