Abrasi Terjang 7 Rumah Warga


Selasa, 01 September 2015 - 19:02:18 WIB
Abrasi Terjang 7 Rumah Warga

Rumah ini sudah 15 ta­hun berdiri, katanya, namun ketika itu pecahan ombak, masih sangat jauh ketengah dan beitupun bentangan tanah pasirnya. Namun de­ngan kejadian yang sudah tiga minggu ini, dan paling parah itu sekitar tiga hari belakangan ini, saya merasa benar-benar khawatir dan sangat kwawatir, selain ab­rasi makin ganas, pecahan ombapun hampir sampai sebatas teras depan rumah.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Hal itu diungkapkan Das­ril, salah seorang pe­milik rumah yang terancam dampak abrasi pantai di pantai Nareh Kecamatan pariaman Utara kepada Ha­luan, Senin (31/8).

Menurut Dasril, selain rumahnya ada sejumlah ru­mah lainya yang terancam dampak abrasi tersebut,

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Ditinjau Walikota.

Walikota Paria­man, Mukh­lis R dengan sejumlah SKPD terkait, Senin, (31/8) meninjau lokasi dan rumah warga yang terkena dampak abrasi tersebut.

Walikota melihat lang­sung dampak abrasi yang mengenai bagian belakang rumah Dasril, dimana fon­dasi bagian rumah yang meng­hadap ke laut, sudah porak poranda dimakan ombak dan sejumlah tanaman kelapa yang ada disekitarnyapun rebah terbongkar.

Tak jauh dari lokasi bong­kahan pohon pelin­dung pohon tampak tercan­cam di makan abrasi se­mentara sekitar 120 meter dari jarak pohon tersebut sudah ada pohon pelindung yang terbongkar, rebah aki­bat abrasi pantai di pantai naras tersebut.

Walikota Pariaman, men­­jawab Haluan disela-sela kunjunganya menya­takan, sangat merespon hara­pan masyarakat tersebut dengan mengupayakan me­ma­sang shee waal, atau pa­ling tidak krib batu menyam­bung yang sudah ada.

Kemudian langkah se­lanjutnya kita minta dinas terkait, Dinas PU untuk segera mengambil langkah-langkah kongkrit, untuk mengamankan lokasi pemu­kiman masyarakat tersebut dari dampak abrasi.

Sementara Kepala Di­nas Pekerjaan Umum Kota Pa­ria­man, Asrizal menyikapi hal tersebut, menyatakan segera kita akan koordinasi dengan Balai wilayah V Sumbar untuk memper­lancar kegiatan nantinya.

Dalam peninjauan wali­kota itu, turut juga sejumlah anggota DPRD Kota Pa­riaman, Camat Pariaman Utara, Yakirman, kepala Dinas sosial Tenaga Kerja, Afnil. (h/tri).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]