APBD-P Dharmasraya 2015 Disahkan


Selasa, 01 September 2015 - 19:05:19 WIB
APBD-P Dharmasraya 2015 Disahkan

Juru bicara Fraksi PDIP,­ Wadid Javarman me­nga­takan, rancangan APBD harus mengacu pada kepentingan rakyat atau kepentingan orang banyak serta menata ulang wajib pajak dalam men­capai­ PAD, agar ke depan APBD Dhar­masraya tidak lagi me­ngalami devisit.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Yang paling menonjol, semua fraksi menyorot ma­salah PAD yang tidak pernah mencapai target kecuali ta­hun 2012 semenjak Dhar­masraya punya APBD. “Se­menjak Dharmasraya ber­diri, yang namanya PAD belum pernah tercapai ke­cuali tahun 2012,”ucap Ke­tua DPRD H.Masrul Ma’as, saat menutup sidang.

Pj Bupati Dhar­mas­ra­ya,­ Drs.­H.Sya­fri­zal, MM, me­ngatakan, setelah mem­pe­la­jari perubahan APBD ta­hun 2015, dapat digam­barkan anggaran tahun ini se­banyak Rp846.­140.­562.­321,­ dengan rin­cian­ pen­da­patan daerah sebesar Rp­811.­684.636.980, sedang­kan belanja daerah sebesar Rp846.140.562.321.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

“Jika memperhatikan jum­lah pendapatan dan­ pembelanjaan yang diang­garkan, maka terdapat defi­sit murni sebesar Rp34.­455.925.341, angka yang cukup besar, dari keadaan ini pemda akan melakukan pembenahan secara menye­luruh,” katanya.

Pada sisi pene­rima­an pem­biayan sebesar Rp34.­455.925.341, didapat dari Silpa tahun lalu. Sedangkan untuk tahun ini, defisit ang­garan ditarget kan Rp 0, atau tak ada dana sisa karena telah digunakan. Syafrizal meminta Sekretaris Da­erah­ (Sekda) Benny Mukhatar, untuk menggelar rapat ber­sama dengan SKPD untuk dilakukan evaluasi kinerja pejabat di jaja­ran­ Pem­kab­ Dharmasraya.

Lebih lanjut mantan Wa­­bup Pessel ini­ me­nga­takan, sesuai dengan kese­pakatan dewan dengan pem­­da, maka pihaknya akan menyampaikan Ranperda Perubahan APBD itu ke Gubernur Sumbar untuk dilakukan evaluasi, dan kem­­bali akan dibahas hasil evaluasi dari gubernur itu bersama dewan.

Dalam pantau­an­ Ha­luan di wakil rakyat itu, terlihat masih banyak pa­ra wakil rakyat yang tidak hadir dalam sidang pari­purna, kekosongan kur­si­ dewan juga diikuti oleh para SKPD. (h/mdi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]