Burhanuddin-Novril Akui Lalai


Selasa, 01 September 2015 - 19:06:41 WIB
Burhanuddin-Novril Akui Lalai

Majelis Sidang Sengketa Pemilu yang dipimpin Win­dra Ikhsan Selasa (1/9), memberikan kesempatan kepada termohon untuk memberikan jawaban. Ketua KPUD Pessel Epaldi Bahar dalam jawabannya menye­butkan, pihaknya telah me­ngi­kuti aturan dan perun­dang-undangan dalam me­lak­sanakan setiap tahapan.

Baca Juga : SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah Resmi Dibatalkan, Ketua LKAAM Sumbar: Negeri Ini Masih Punya Keadilan

Penyebab tidak lolosnya pasangan tersebut akibat tidak lengkapnya persya­ratan pencalonan berupa tanda bukti tidak mem­pu­nyai tunggakan dari KPP.

“Sebagaimana diatur PK­PU No 12 tahun 2015 Pasal 4 ayat (1) huruf I tentang pencalonan pemi­lihan guber­nur dan wakil gubernur, bu­pa­ti dan wakil bupati harus memenuhi syarat memiliki nomor po­kok wajib pajak dan laporan pajak pribadi. Kemudian Pasal 42 ayat (1) huruf o,” katanya.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

KPU Pessel juga me­nyam­paikan sejumlah rente­tan peristiwa atau tahapan Pilkada Pessel berikut de­ngan dokumen administrasi. Termasuk menunjukkan do­ku­men pemberitahuan kepa­da seluruh pasangan untuk melengkapi persyaratan yang ­kurang yang dibuktikan dengan tanda terima. Doku­men terkait penghubung pasangan Burhanuddin-No­vril Anas yakni Indra Zein juga ditampilkan.

“KPU Pessel menolak gugatan dan alasan-alasan yang diajukan pemohon,” katanya.

Selanjutnya Nillatulisia Kuasa Hukum Bur­hanud­din-Novril Anas dalam tang­gapannya menyampaikan per­mo­honan maaf atas klien­nya yang telah lalai me­leng­kapi persyaratan penca­lonan. Namun menurutnya, ada hambatan akibat persoa­lan teknis di lapangan se­hing­ga dokumen yang disya­ratkan untuk dilengkapi tidak  terpenuhi sesuai jad­wal yang telah di atur.

Selanjutnya Novril Anas juga menyesali atas kelalaian tersebut. Dia sebelumnya mengira Sekretariat DPRD Sumbar yang selama ini mengurus pajak dengan sis­tim online telah men­daftar­kannya sebagai wajib pajak.

“Namun kami sangat berharap kepada lembaga penyelenggara Pemilu untuk memberikan kesempatan menyampaikan niat tulus berkompetisi pada Pemilu­kada 9 Desember 2015 men­da­tang,” katanya. Ketua Ma­je­lis Sidang menyebutkan, sidang penetapan keputusan akan dilaksanakan Sabtu (5/9). (h/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]