Meski Belum Bersih, Padang Optimistis Raih Adipura


Selasa, 01 September 2015 - 19:12:12 WIB

“Dapat atau tidak dapat­nya Piala Adipura, kita te­tap ingin mewujudkan Kota Padang yang bersih, bersih dari sampah. Pengelolaan sampah di semua lingku­ngan sudah baik, sebab per­cuma kita mendapatkan Piala Adipura jika masih ada sampah yang berserakan. Negara Singapura tidak bu­tuh Piala Adipura tapi ke­bersihan nomor satu,” ucapnya.

Kota Padang sudah me­miliki landasan untuk penge­l­olaan sampah seperti Perda Nomor 21 tahun 2012 ten­tang pengelolaan sam­pah. Namun, Perda tersebut se­akan tidak maksimal ber­ope­rasi karena sampah ma­sih berserakan di sepanjang jalan.

Apalagi, Piala Adipura, menurut Edi ada beberapa objek penilaiannya. Ini juga tidak mudah untuk dilewati oleh Kota Padang. Tujuh lokasi yang nilainya masih di bawah standar penilaian untuk meraih Piala Adipura 2015, meliputi permu­ki­man, pasar, pertokoan, per­kan­toran, sekolah, stasiun kereta api dan pantai wisata.

“Memang ada beberapa tahap penilaian Adipura dan itu semua sudah kita lewati. Rata-rata nilai yang dipe­roleh  atau nilai paling rendah (passing grade) un­tuk masing-masing lokasi tersebut adalah 73. Untuk nilai keseluruhan Kota Pa­dang memperoleh nilai 74,” ucapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansha­rullah bertekad untuk men­dapatkan penghargaan pada bidang kebersihan lingku­ngan tahun 2015.

Wali Kota telah meng­in­struksikan jajarannya, khu­susnya instansi yang terkait dengan kriteria penilaian Adipura untuk bekerja mak­simal, termasuk penerapan Perda sampah. (h/ows)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]