Lulusan S1 dan S2 Dominasi Pengangguran di Padang


Selasa, 01 September 2015 - 19:12:41 WIB
Lulusan S1 dan S2 Dominasi Pengangguran di Padang

“Pertumbuhan pen­du­duk yang tinggi tidak se­im­bang dengan pertumbuhan la­pang­an kerja menga­kibat­kan ber­tam­bahnya jumlah pengang­guran,” sebut Ke­pala Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Padang Frisdawati Boer.

Baca Juga : Ada Pos Pelayanan Prokes di Pasar Raya Padang

Untuk memecahkan ma­­­salah tersebut, informasi pa­sar kerja harus di­se­bar­luaskan kepada pencari ker­ja sehingga lowongan pe­kerja­an dapat terisi dengan baik, dan diperoleh tenaga kerja yang profesional sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan pengguna tenaga kerja.

”Pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja harus dipertemukan dalam satu kegiatan yaitu pameran kes­em­patan kerja (job fair) yang merupakan suatu program Kementerian Ke­tenaga­ker­ja­­an RI dan juga program prioritas Pemko Padang,” katanya.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 di Padang Belum Jelas

Di sisi lain Kadis Sosial dan Tenaga Kerja me­nga­ta­kan, saat ini di Kota Padang jumlah pengangguran men­capai 10.000 orang. Mereka seluruhnya dari berbagai strata pendidikan seperti SMP, SMA, S1, S2 dan S3. “Jumlah pengangguran pa­ling banyak dari S1 dan S2,” sebutnya.

Frisdawati menekan­kan, dengan digelarnya Job Fair selama dua hari (1-2 Sep­tember) akan terserap pen­cari kerja sebanyak 400 orang, sehingga 40 pe­rusa­haan yang mengikuti job fair kali ini akan memperoleh minimal seorang tenaga ker­ja baru. “Harapan kita mi­ni­mal 400 orang pencari kerja dapat terfasilitasi dan kalau bisa seribu orang,” cecarnya.

Baca Juga : Dilepas Rektor UIN IB Padang, Jenazah Masnal Zajuli Dimakamkan di Tanah Datar

Frisdawati mengimbau kepada seluruh pencari kerja untuk mempersiapkan diri dengan segala kompetensi yang ada sehingga daya saing untuk mendapatkan pe­kerja­an jauh lebih besar dari mereka yang tidak mem­punyai kompetensi.

“Jangan memilih-milih pekerjaan, setiap ada kesempatan man­faat­kan dengan sebaik-baik­nya sehingga potensi diri akan berkembang di mana ditempatkan,” imbaunya.(h/ows)

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan Paket Sembako untuk Warga Sekitar TPA Air Dingin

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]