Kapolri Resmikan Tugu Polwan Jadi Monumen


Selasa, 01 September 2015 - 19:26:56 WIB
Kapolri Resmikan Tugu Polwan Jadi Monumen

“Sebagai bentuk peng­hargaan dan bentuk peng­hormatan yang mendalam, dan untuk mengenang jasa-jasa para perintis Polwan, maka 27 April 1993, Polri telah meresmikan Mo­numen Polwan di Bukit­tinggi. Setelah itu, kon­di­sinya banyak sekali me­ngalami kerusakan akibat pengaruh cuaca dan gempa bumi. Oleh karena itu, mo­numen ini perlu direnovasi serta ada beberapa pe­nam­bahan pada sejumlah titik,” ujar Kapolri Badrodin Haiti.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 156, Sembuh 106, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Kapolri menjelaskan, pemugaran atau renovasi Monumen Polwan itu telah mulai dilakukan pada Fe­bruari 2015 lalu dan saat ini pemugaran tersebut telah selesai dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, maupun bagi para wisatawan.

“Saya berharap mon­u­men ini dapat kita jaga ber­sama. Sadarilah bahwa ke­beradaan Monumen Polwan ini dapat menjadi iden­titas Polri dan eksistensi serta peran nyata wanita dalam pe­ngabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Baca Juga : Mantan Wagub Sumbar Bangun Rumah Gadang Malintang Panai

Kapolri Badrodin Haiti juga mengatakan, dirgahayau Polwan ke 67 sangat spesial pada tahun ini, karena pada kesempatan ini tepat dengan peresmian Mo­numen Polwan yang merupakan simbol keberadaan Polwan, dan di Kota Bukittinggi inilah awal sejarah hadirnya enam Polwan pertama di Indonesia.

“Ke enam polisi wanita per­tama itu, yakni Kolonel Polisi Nelly Pauna Situmorang, Kolonel Polisi Mariana Mufti, Kolonel Polisi Djasmaniar Husen, Kolonel Polisi Rosmalina Pramono, Ko­lonel Polisi Rosnalina Taher, Let­nan Kolonel Dahniar Sukotjo,” jelasnya.

Baca Juga : BMKG Sampaikan Kisaran Ketinggian Hilal Jelang Penetapan Ramadan, Sumbar 3,66 Derajat

Badrodin Haiti menerangkan, hadirnya ribuan Polwan pada hari jadi ke 67 ini merupakan momen yang sangat penting, karena me­reka dapat melihat langsung Monumen bersejarah yang men­jadi lambang kebanggaan Polwan.

“Di usia yang semakin matang ini, seluruh Polwan yang ada saat ini sebanyak 21.211 orang, akan menjadi srikandi-srikandi Bh­a­yangkara yang senantiasa mem­bawa harus nama besar Polri melalui tugas pokok dan fungsi mereka masing-masing,” jelas Kapolri.

Baca Juga : Waspada! Gelombang Tinggi di Mentawai Bisa Mencapai 5 Meter

Menurut Badrodin Haiti, se­bagai aparat yang mengaja keu­tuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Polwan hen­daknya menjalankan tugasnya dengan baik dan professional, terus mencerminkan sifat sim­patik, yang memberikan rasa ke­ha­n­gatan pada seluruh masyarakat.

“Peringatan Ulang Tahun me­ru­pakan saat yang tepat untuk me­renung dan merefleksi ulang, apa saja tugas yang telah di­laks­anakan dan capaian yang telah diraih Polri secara umum, dan secara khusus bagi Polwan,” ujar­nya.

Badrodin Haiti berharap da­lam momentum bersejarah ini, Polwan diminta untuk melakukan ins­tropeksi, evaluasi, serta per­baikan secara menyeluruh dan mendalam terhadap kinerja yang telah dijalankan selama ini, se­hingga eksistensi Polwan dimasa mendatang tetap terjaga, sehingga mampu bergerak maju, mem­berikan kontribusi yang signi­fikan bagi organisasi Polri. (h/wan/ril)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]