Semua Elemen Berperan Cegah Kekerasan Anak


Rabu, 02 September 2015 - 18:57:33 WIB
Semua Elemen Berperan Cegah Kekerasan Anak

“Kekerasan pada anak sulit diketa­hui, dikarenakan hal tersebut biasanya cen­derung dilakukan oleh orang terdekat dari anak. Maka dari itu, untuk meng­hindari kekerasan terhadap anak terjadi, kepedulian semua pihak sangat diha­rapkan dalam melakukan pencegahan,” papar Lutfi, usai menutup peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015, yang dilaksanakan di Panti Budi Utama, Lubuk Alung, Rabu (2/9).

Baca Juga : Bunda, Ini Cara Cari Lokasi Suami Lewat WhatsApp

Diungkap Lutfi juga, karena sulitnya mendeteksi kekerasan yang terjadi pada anak tadi,  hingga saat ini, Dinsos Sumbar juga tak memiliki angka pasti ter­kait  kekerasan yang per­nah terjadi dan dialami oleh anak-anak di Sumbar.

“Salah satu faktor yang membuat data kekerasan atas anak sulit diketahui adalah karena masih adanya penilaian kalau kekerasan yang dialami anak adalah aib dalam keluarga, se­hing­ga meskipun mengetahui banyak yang tidak melapor,” jelasnya.

Baca Juga : Cara Menggoreng Tahu agar Tidak Mudah Hancur, Ikuti Langkah Ini

Lebih lanjut ia menye­but, kendati ang­ka pasti tentang kasus kekerasan atas anak cukup sulit diketahui. Namun, dalam memainkan fungsi dan perannya me­lakukan perlindungan atas anak, Dinsos Sumbar telah memiliki program-program tersendiri.

“Kami memiliki prog­ram-program khusus yang bertujuan memberi per­lin­dungan dan proteksi terha­dap anak dari ancaman tin­dakan kekerasan. Dalam melaksanakannya, kami ju­ga bekerjasama dengan tena­ga-tenaga terampil yang telah ahli di bidangnya,” pungkas Lutfi. (h/mg-len)

Baca Juga : Jangan Lupa Baca Doa Ini saat Ziarah Kubur, Perhatikan Tata Caranya

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]