Terjadi 35 Kasus Kekerasan Terhadap Anak


Rabu, 02 September 2015 - 19:02:34 WIB
Terjadi 35 Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Ia menyebut perlu sosi­alisasi untuk mencegah dan mendeteksi sedini mungkin berbagai aktivitas yang me­ngarah kepada kekerasan terhadap perempuan dan anak salah satunya melalui pemberian pemahaman dan pengeta­huan kepa­da guru TK dan PAUD.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Mursidah menjelaskan penyebab terjadinya tidak kekerasan terhadap adalah diantaranya pernikahan di­ni, rendahnya pendidikan budi pekerti di rumahtangga melalui pendidikan agama dan adat. Kemudian, penga­ruh so­si­al ekonomi, perkem­ba­ngan teknologi yang disa­lahgunakan, pengaruh obat-obat terlarang dan ren­dah­nya pendidikan.

“Kita sebagai orangtua dan masyarakat sangat pri­ha­tin, khawatir dan sedih, terutama tingkat kekerasan seksual terhadap anak di­mana pelaku umumnya ada­lah orang yang dikenal oleh korban dengan berbagai macam modus,” katanya.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

Sementara itu, Bupati Tanah Datar  mengharapkan lembaga P2TP2A yang terus melakukan berbagai kegi­atan sosialisasi untuk meres­pon fenomena kekerasan terhadap perempuan dan anak yang banyak terja­didi TanahDatar. “Kita tidak perlu malu atas banyaknya  kasus asusila yang terjadi, tidak perlu ditutup-tutupi, ini adalah fakta yang terjadi di Tanah Datar, lebih baik terungkap dibanding se­makin banyak korban yang berjatuhan,” katanya.

Bupati menyebut yang terpenting adalah bagaimana menyikapi dan mencarikan solusi yang tepat bagi korban tindak keke­rasan. Peme­rintah daerah, sebutnya, akan terus berupaya menye­lamatkan masa depan anak-anak yangmenjadikorbanini.

Bupati mengharapkan kepada para guru TK dan PAUD di daerah itu untuk dapat memberikan pe­nge­tahuan kepada anak didik bagaimana melindungi diri serta orangtua dapat men­jaga dan melindungi anaknya dari potensi pelecehan sek­sual. (h/emz )

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]