Kota Hujan Dilanda Krisis Air


Rabu, 02 September 2015 - 19:06:14 WIB
Kota Hujan Dilanda Krisis Air

“Telah empat hari air dirumah saya tidak hidup siang hari, pada malam hari air hidup tapi sangat kecil seperti tetesan-tetesan air. Itu membuat kami kasulitan menjalani aktifitas, seperti mandi dan mencuci dan kebutuhan air bersih untuk memasak,” ujar Ipat.

Baca Juga : Wagub Sumbar: Perencanaan Food Estate Masih Banyak Masalah, Butuh Pengawasan!

Masri, warga Tanah Hi­tam menyebutkan, per­soa­lan krisis air dan buruknya layanan PDAM terkait dis­tri­busi air bersih ke rumah-rumah pe­lang­gan, bukanlah persoalan baru yang di­ha­dapi masya­rakat Kota Pa­dang Panjang. Kondisi ini, bahkan sudah menjadi ben­cana tahunan bagi sekitar 50 ribu jiwa penduduk di kota hujan itu.

“Seharusnya pemerintah bersama DPRD dan PD­AM, sudah punya solusi untuk mengatasi persoalan ini. Apalagi kejadian ini sudah berulang-ulang. Apakah wa­r­ga Padang Panjang akan terus menerus dihantui ke­ke­ringan jika musim ke­ma­rau,” kata Masri.

Baca Juga : Sinergitas Antar Rumah Sakit Bisa Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 di Sumbar

Pantauan Haluan di se­jum­lah lokasi pemukiman padat penduduk sepanjang Selasa hingga Rabu ke­ma­rin, puluhan warga tampak siaga dengan jerigen, sem­bari menunggu datangnya bantuan air bersih yang di­sedia­kan pihak PDAM se­tem­pat.

“Seharusnya pihak-pi­hak terkait sudah arif dalam menyikapi kondisi ini. Ba­yang­kan, sudah lebih satu minggu kami kekeringan dan krisis air bersih. Ban­tuan­pun baru akan datang setelah dijuluak. Apakah harus menunggu laporan dulu baru dibantu,” katanya.

Direktur PDAM Padang Panjang, Erizal terpisah mengatakan, sejak beberapa waktu terakhir, pihaknya sudah menggilir distribusi air untuk pelanggan mereka. Selain melakukan peng­giliran distribusi air, PDAM Padang Panjang juga men­ye­d­iakan mobil tangki yang mendistribusikan air bersih ke perumahan penduduk, setelah adanya pengaduan dari warga.

Anggota DPRD Padang Panjang, H Nasrullah Nuk­man, SH, meminta agar pi­hak PDAM sesegera mung­kin mencarikan solusi ter­kait kondisi krisis air yang tengah dialami warga saat ini. Jika memang tengah dilakukan perbaikan jari­ngan, kondisi tersebut diha­rapkan tidak berdampak terhadap layanan distribusi ke pelanggan secara keseluruhan. (h/mg-pis)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]