Kabut Asap Makin Pekat


Kamis, 03 September 2015 - 19:21:43 WIB
Kabut Asap Makin Pekat

Aktifitas masyarakat akibat asap kabut juga ter­ganggu bahkan banyak di­antara masyarakat yang me­ngurung diri di rumah, jika tidak ada kegiatan yang mendesak sering melakukan aktifitas dalam rumah.

Baca Juga : Kadis Dukcapil Kabupaten Pessel Lakukan Sidam ke Unit Kerja Layanan di Kecamatan

Kegelisahan akibat asap kabut tidak hanya ma­sya­rakat yang beraktifitas di ladang, pasar dan lainnya, malahan juga pengendara sering megeluhkan karena mata terasa perih akibat asap kabut yang, jarang pandang diperkirakan ha­nya 10 me­ter, bahkan ba­nyak diantara pengendara menghidupkan lampu ken­daraan untuk meng­hindari kecelakaan.

“Saya sudah merasakan perihnya mata sejak se­ming­gu terakhir ini berkendaraan akibat asap kabut, walau sudah punya masker dan penutup muka dengan helm namun masih saja dirasakan perihnya bagian mata, “ tutur Asmita seorang pe­ngendaa pada “Haluan” di Kota Solok  kemarin.

Baca Juga : Distanhortbun Laksanakan Rakor dan Evaluasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Triwulan I

Hal senada juga dike­mukakan Asmir, seorang sopir angkutan pedesaan, asap kabut membuat dirinya berhati-hati membawa ken­daraan dan lampu kenda­raan terpaksa dihidupkan untuk menghindari kece­lakaan. Asap kabut memang sangat mengkuatirkan bagi pengendaraan.

Walau asap kabut sudah berlangsung hampir 15 hari, namun belum ada pem­bagi­an masker pada pengendara, baru himbauan dari Dinas Kesehatan melalui mobil unitnya agar pengendara dan pelajar bisa memakai mas­ker ke sekolah untuk meng­hindari risiko gangguan ke­se­hatan.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Bermanfaat Bagi Pengobatan Lansia

Walau sudah ada him­bauan namun jumlah pelajar dan masyarakat yang meng­gunakan masker bisa di­hitung dengan jari.

Asap kabut bisa hilang jika hujan turun, sepanjang musim kemarau masih ber­langsung, asap kabut tetap melanda Kota Solok dan sekitarnya, penderitaan ma­syarakat tidak hanya asap kabut, malahan juga ke­marau panjang dan cuaca terasa panas, (h/alf)

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 175, Sembuh 172, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]