Kemenkop-UKM Dorong Bunga KUR Turun Lagi


Kamis, 03 September 2015 - 19:23:27 WIB
Kemenkop-UKM Dorong Bunga KUR Turun Lagi

Braman mengatakan ta­hun 2015 bunga KUR di­patok 12% setelah turun siginifikan dari tahun se­belumnya, yakni 22%.

Baca Juga : Penembakan di New York Tewaskan Bayi, Pria 23 Tahun Ditangkap

Ia menyatakan saat usu­lan dite­rima, tak hanya mampu men­­dorong keta­hanan eko­nomi nasional, namun juga dipercaya mam­pu me­me­nu­hi ke­bija­kan Kemenkop UKM agar sebanyak 1 juta usaha mikro kecil (UMK) bisa naik kelas.

“Targetnya di akhir 2016 jumlah UMK bisa mencapai 800 ribu unit usaha dari sebelumnya ha­nya 602 ribu,” ujar dia.

Baca Juga : Netanyahu Terkejut, Tentara Israel Bakar Diri karena Trauma Perang

Ia menjelaskan usaha mikro diharapkan mampu berkembang dan berkem­bang menjadi usaha kecil, sementara usaha kecil bisa naik kelas menjadi usaha menengah dan seterusnya. Sejauh ini, terang dia, per 3 September 2015, dana KU­R yang sudah tersa­lurkan ke masyarakat men­capai Rp­450 miliar, semenjak me­lun­cur 18 Agus­tus 2015 lalu dengan total target Rp30 triliun dana KUR harus sudah bisa terserap.

“Penyaluran KUR cu­kup cepat, dan kami sudah amanahkan tiga bank yakni BRI, BNI dan Mandiri un­tuk bisa menyalurkan KU­R ke sektor UMKM,” kata pria, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pe­nga­­was Perum Jamkrindo ini.

Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Saudi Wajibkan Vaksinasi Covid-19 untuk Jamaah Dua Masjid Suci

Di sisi lain ia mene­rang­kan, perlambatan ekonomi global yang terpicu dinaik­kannya tingkat suku bunga The Fed, mendorong ber­bagai negara dunia mela­kukan berbagai kebijakan bersifat moneter dan fiskal. Kemenkop UKM, papar dia, sejauh ini tengah me­lakukan pemantauan pe­nga­ruh pele­mahan rupiah terhadap pela­ku UMKM dan diper­kira­kan rata-rata UMKM yang menggu­na­kan bahan baku impor om­setnya menurun hingga 15%. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]