Calon Gunakan Dana Hingga Rp4 Miliar


Kamis, 03 September 2015 - 19:50:37 WIB
Calon Gunakan Dana Hingga Rp4 Miliar

“Untuk Kota Bukit­ting­gi, KPU menetapkan batas maksimal dana kampanye bagi pasangan calon wa­likota dan wakil walikota yakni sebesar Rp 4. 995, 637, 500,” ujar Ketua KPU Bukittinggi Lemmasrizal, yang didampingi Koor­di­na­tor Devisi Hukum Pe­nga­wasan Organisasi dan Pe­ngembangan SDM, Tanti Endang Lestari, Selasa (1/9).

Baca Juga : Sosialisasi OPS Keselamatan Singgalang 2021, Satlantas Polres Sijunjung Bagi Takjil untuk Pengguna Jalan

Menurut Lemmasrizal, bagi pasangan calon yang menggunakan dana kam­pa­nye melebihi dari pagu dana yang telah ditetapkan,  akan diberikan  sanksi termasuk pembatalan pa­sa­ngan calon.

Hal ini dilakukan karena pembatasan dana kampanye pada Pilkada Bukittinggi 2015, telah disepakati oleh masing masing pasangan calon. Sebab, untuk me­netapkan batasan dana kam­panye tersebut, KPU ber­kordinasi dengan partai po­­litik pengusung pasangan calon atau petugas yang di­tunjuk oleh pasangan calon, yang kemudian diterbitkan dalam SK KPU Nomor 48 tahun 2015.

Baca Juga : Terus Melonjak, Dharmasraya Sumbang 32 Kasus Positif Covid-19

Koordinator Devisi Hu­kum Pengawasan Orga­ni­sasi dan Pengembangan SDM, Tanti Endang Lestari me­nam­bahkan, dana kam­panye  yang telah ditetapkan itu, di­gu­nakan pasangan calon un­tuk kampanye rapat umum, per­temuan terbatas, per­temuan tatap muka, pem­buatan ba­han kampanye seperti baju bagi tim sukses, peci, se­lebaran, brosur, kalender ataupun bahan kampanye lainnya yang anggaran untuk satu bahan kampanye ter­sebut tidak boleh lebih dari Rp 25 ribu.

KPU Fasilitasi Rp 420,5 Juta

Baca Juga : Sejahterakan Petani Ikan di Pasaman, Diskan-BUMNag akan Menjalin MoU

Selama tahapan kam­panye walikota dan wakil walikota berlangsung, KPU Kota Bukittinggi men­fa­sili­tasi dana kampanye untuk kelima pasangan calon sebe­sar Rp 420.545.000. Dana yang disediakan KPU ini untuk pembuatan alat pera­ga kampanye (APK) masing-masing calon, seperti baliho, umbul-umbul dan spanduk.

Disamping itu, dana ter­se­but juga digunakan untuk pembuatan bahan kam­pa­nye seperti selebaran, bro­sur, dan plamflet dengan jumlah untuk 13.200 KK. “Bahan kampanye yang kita buat ini akan dibagikan kepada petugas kampanye masing-masing calon. Dan petugas inilah nantinya yang akan menyebarkan bahan kampanye tersebut,” jelas Tanti (h/tot)

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah 286, Sembuh 100, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]