Presiden Guatemala Mengundurkan Diri


Kamis, 03 September 2015 - 19:55:47 WIB
Presiden Guatemala Mengundurkan Diri

Perez yang menjabat presiden sejak tahun 2012, akan digan­tikan oleh Wakil Presiden yang baru, Alejandro Maldonado menjelang pemilihan umum yang akan digelar 6 September mendatang. Pemilu tersebut akan memilih presiden baru yang akan mulai menjabat pada tahun 2016 mendatang.

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Kapal Mati Mesin dan 4 Nelayan dengan Selamat

Perez dituduh mendalangi skema penipuan besar-besaran, yang dikenal sebagai “La Linea” (The Line), sebuah skandal yang telah memaksa mundurnya wa­kil presiden Baldetti. Atas skan­dal ini, enam dari 14 menteri Perez juga telah mundur dalam beberapa hari terakhir, beserta sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Perez dijadwalkan tampil di depan hakim pada Kamis (3/9) waktu setempat dan telah setuju untuk bekerja sama dalam penye­lidikan kasus ini.

Baca Juga : Awal Maret 2021, Harga Bawang Putih dan Merah Turun di Pasar Raya Padang

Perez (64) dicabut kekebalan hukumnya oleh parlemen Gua­temala pada Selasa, 1 September waktu setempat. Ini merupakan langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di negeri itu.

Sebelumnya, Perez yang se­suai konstitusi tidak bisa lagi mencalonkan diri dalam pemili­han presiden, telah menyangkal setiap tudingan korupsi yang diarahkan kepadanya. Perez membantah terlibat dengan skema suap tersebut dan mene­rima uang dari penipuan dalam pengoperasian bea cukai. (h/dtc)

Baca Juga : Harga Emas Antam Tinggalkan Level Tertinggi, Bikin 'Senam Jantung'

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]