Sumbar Miliki 63.873 Pengguna Narkotika


Jumat, 04 September 2015 - 19:30:35 WIB
Sumbar Miliki 63.873 Pengguna Narkotika

Arnowo mengatakan, penanganan pe­nya­lahgunaan narkotika tidak bisa diselesaikan sendiri oleh BNN, namun mesti berkoordinasi dengan semua pihak terkait. Mulai dari kepolisian, pemerintah, TNI, rumah sakit, dinas sosial dan lainnya.

Baca Juga : Mahasiswa Demo Pemkab Pasaman Barat Tuntut Usut Polemik RS Ujung Gading

Secara nasional, ujar pria yang mengaku telah empat tahun memimpin BNN Sumbar itu, angka pengguna narkotika nasional mencapai 4,2 juta orang. Sedangkan di Provinsi Sumbar sebanyak 63.873 pengguna.

“Angka tersebut merupakan hasil penelitian. Angka riilnya hingga saat ini belum diketahui. Keberadaan BNN Kota Sawahlunto sangat dih­a­rapkan dapat ikut berkontribusi menekan jumlah pengguna narkotika,” ujar Arnowo.

Baca Juga : Berkah Ramadan, Keluarga Besar ProKP Santuni Anak Yatim

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan, Pemerintah Sawahlunto menyambut baik dan mendukung berdirinya BNN di kota berpenduduk 65 ribu jiwa lebih itu.

Sawahlunto sendiri menjadi kota kedua di Sumatera Barat, yang memiliki instansi vertikal BNN. Pemerintah memberikan dukungan dengan memfasilitasi tanah untuk pembangunan gedung seluas 1.200 meter persegi.

Selain itu, untuk tahap awal pemerintah daerah juga menugaskan sebanyak 8 personil pegawai, dalam membantu pelaksanaan kegiatan BNN Kota Sawahlunto. Untuk sementara, BNN Sawahlunto juga diberikan pinjaman gedung.

Ali Yusuf mengaku, pihaknya juga melakukan pencegahan penyalahgunaan narkotika dengan program-program positif di tengah masyarakat. Diantaranya program magrib mengaji, serta pengembangan kegiatan olahraga masyarakat.

BNN Sawahlunto dikepalai Guspriadi, dibantu Erlina Juita sebagai Kepala Seksi Rehabilitasi, dan Ilham sebagai Kasubag Umum, dan dibantu beberapa pegawai lainnya.

Guspriadi mengatakan, dirinya bersama pejabat yang diamanahkan dalam struktur BNN Kota Sawahlunto, akan segera melakukan sinergi dengan seluruh pihak terkait, untuk saling berkomunikasi dalam menangani penyalahgunaan narkotika.

BNN Kota Sawahlunto merupakan BNN ketiga yang berdiri di ranah minang, setelah BNN Provinsi Sumbar, dan BNN Kota Payakumbuh. (h/dil)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]