Sekolah di Padang Akan Segera Punya Toilet Sehat


Jumat, 04 September 2015 - 19:35:06 WIB
Sekolah di Padang Akan Segera Punya Toilet Sehat

SKB 4 menteri tersebut terdiri dari Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri. SKB 4 menteri ter­sebut bertujuan untuk men­cip­takan lingkungan sekolah yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan di­nas kesehatan.

Baca Juga : Aktifitas Balimau di Padang Dibubarkan Polisi

Walikota Padang Mah­yeldi Ansharullah, me­negas­kan, untuk langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan toilet yang bersih dan ketersediaan air yang cukup.

“Untuk tahap awal ini semua sekolah harus ada toilet, harus ada air yang cukup,” ucapnya.

Baca Juga : Akibat Covid-19, Jumlah Pengunjung Museum Adityawarman Padang Hanya 17 Ribu Per Tahun

Ia menambahkan, selain itu lingkungan sekolah ha­rus asri dengan mem­biasa­kan peserta didik untuk me­na­nam tanaman hijau. Ini juga berkaitan dengan adi­wiyata yang wajib diterapkan oleh sekolah.

“Sekolah adiwiyata itu tujuannya untuk men­cipta­kan lingkungan yang asri dan hijau. Itu tidak harus mahal dilakukan oleh pihak se­kolah. Ajaklah peserta didik untuk cerdas dengan me­nga­jarkan hal-hal yang se­der­hana. Membawa bunga mi­sal­nya, ditanam di belahan bambu,” jelasnya.

Baca Juga : Bulan Ramadan, Rutan Klas II B Padang Gelar Pesantren untuk Warga Binaan

Memang untuk me­ne­rap­kan lingkungan yang bersih, jelas Mahyeldi perlu perencanaan yang matang. Paling tidak di tahun men­datang perlu dianggarkan terutama untuk semua toilet sekolah.

“Di tahun 2016 men­datang harus kita anggarkan untuk ini, pembenahan toilet yang sesuai dengan standar kesehatan,” pungkasnya.

Baca Juga : Jelang Safari Ramadan, Hendri Septa Berikan Arahan Pada 66 Pengurus Masjid dan Musala

Mahyeldi juga meminta instansi terkait untuk me­nga­wasi makanan yang di­jual di lingkungan sekolah. Ciptakan makanan yang dijual higienis dan dinas kesehatan harus memeriksa jajanan anak sekolah.

“Nanti akan saya ins­truk­sikan kepada dinas ke­sehatan untuk menguji ja­ja­nan di sekolah. Apakah se­suai dengan standar ke­se­ha­tan atau tidak,” ulasnya lagi.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemerintah Kota Pa­dang Al Amin menegaskan proses sosialisasi ini me­mang bertahap. Namun, sudah diberikan arahan ke­pada camat untuk menunjuk sekolah yang akan mengikuti UKS. Tidak hanya itu saja, UKS selama ini tidak jelas arahannya.

Dengan adanya SKB 4 menteri tersebut maka jelas UKS memiliki tolak ukur. Memang jumlah sekolah yang akan mengikuti ber­bagai kegiatan UKS tidak di­ten­tukan. Namun, camat ha­rus bisa memberikan arahan ke­pada sekolah yang akan me­ngikuti UKS.

“Kita maunya, program UKS ini ada di setiap se­kolah. Kita juga ingin UKS di Kota Padang bisa menang jika dilombakan ke tahap berikutnya,” tutup Al Amin. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]