KPU Tambah Jumlah TPS


Jumat, 04 September 2015 - 19:35:44 WIB
KPU Tambah Jumlah TPS

Menurutnya, dari proses su­per­visi ke daerah, ditemukan beberapa kabupaten kota yang jumlah pemilihnya menurun, karena pemilih pindah.

Baca Juga : Pesantren Ramadan 1442 H Resmi Dibuka, Wali Kota Padang: Semoga Memberikan Manfaat

“Ada pendatang yang dulu terdata di Pilres, kemudian mereka sudah pindah. Jum­lahnya ribuan, tersebar di bebe­rapa daerah, diantaranya Padang, Dharmasraya, Sijunjung, Pas­bar,” jelasnya. Sementara, KPU Kabupaten Sijunjung resmi me­ne­tapkan DPS pemilihan bupati (Pilbup) dan wakil bupati 2015, sebanyak 160.465 pemilih. Jum­lah ter­sebut bertambah 12.730 pemilih dibandingkan dengan daftar penduduk potensial pe­milihan (DP4) yang sudah dite­tapkan sebelumnya sebanyak 147.735 pemilih.

Penambahan jumlah pemilih yang cukup signifikan dalam DPS ini,  menurut Ketua KPU Sijun­jung Taufiqurrahman dipenga­ruhi oleh banyak faktor. Mulai dari daftar pemilih ganda hingga adanya ketidakberesan dalam pendataan pemilih sebelum pe­lak­sanaan pemilihan presiden. Untuk itu, sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT), KPU akan melakukan penyaringan.

Baca Juga : Genny Hendri Septa Resmi jadi Ketua Yayasan Pertiwi Kota Padang

Salah satunya dengan me­masukan data yang ada di dalam DPS ke dalam sistem data pe­milih (Sidalih) milik KPU pusat. Dengan begitu, nantinya jika ada data pemilih ganda akan ter­deteksi sehingga bisa dilakukan pencoretan sebelum ditetapkan menjadi DPT.

Setelah ditetapkan, DPS me­nurut Taufiqurrahman akan di­umum­kan ke seluruh jorong dan nagari yang ada di wilayah Ka­bupaten Sijunjung dan se­lama masa pemutakhiran data ini, diharapkan seluruh warga, tim sukses mapun panitia pe­nga­was Pemilu bisa ikut ber­peran dalam melakukan pen­cermatan DPS.

Baca Juga : Penertiban Balap Liar di Padang, Seorang Personel Polisi Ditabrak

Terpisah, KPU Padang Pan­jang juga telah mene­tapkan DPS sebanyak 36.103 jiwa setelah melakukan pemutakhiran data sebulan terakhir. jumlah DPS tersebut sedikit berkurang dari Daftar Penduduk Pemilih Po­tensial Pemilu (DP4) yang di­serah­kan oleh Pemkot Padang­panjang kepada KPU setempat.

“Jumlah DP4 sebanyak 39.292 jiwa, setelah dilakukan pemutakhiran data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pe­mi­lih (PPDP) menga­lami pe­ngu­rangan sebanyak 3.189 jiwa,” ujar Ketua KPU Padangpanjang Jafri Edi Putra. Berkurangnya jum­lah DPS dari DP4, disebab­kan be­berapa hal seperti pen­du­duk yang wajib pilih itu sudah me­ninggal dunia dan tidak me­milih yang disertai surat per­nyataan dari orang tua serta su­dah pindah. (h/mg-rin/ogi/mg-pis)

Baca Juga : Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]