Disdik Belum Instruksikan Libur Sekolah


Jumat, 04 September 2015 - 19:36:55 WIB
Disdik Belum Instruksikan Libur Sekolah

Meski Dinas Pendidikan Padang belum memberikan instruksi kepada sekolah apakah siswa diliburkan atau tidak, namun sejumlah orangtua sudah melakukan langkah sigap melengkapi anak mereka dengan masker.

Baca Juga : Lakukan Mutasi Besar-besaran, Hendri Septa: Penyegaran Birokrasi

Anita, salah salah se­orang guru mengatakan, bantuan masker dari LSM dan dari puskesmas Padang Pasir sudah diberikan Jumat (4/9). Namun, dia khawatir kalau udara Kota Padang semakin tidak sehat, maka penggunaan masker tidak akan cukup untuk mencegah penyakit.

“Kalau masker mungkin bisa dibeli oleh wali murid, namun mengatasi bahaya kabut asap seperti ini tidak cukup dengan masker saja, harus ada tindakan dari pemerintah. Kasihan anak didik kita kalau harus meng­hirup kabut asap ini setiap hari,” jelasnya.

Baca Juga : Hendri Septa Kembali Lantik 194 Pejabat Eselon III dan IV

Anita mengaku kesal pada kondisi di mana asap kiriman menyelimuti Kota Padang nyaris setiap tahun. “Sudah seminggu lebih ka­but asap ini, seharusnya pemerintah sudah me­ngam­bil tindakan. Tidak harus menunggu berminggu-ming­gu,” ulasnya.

Salah seorang wali murid di SD Percobaan Ujung Gurun, Yeti yang cemas dengan kabut asap ini ter­paksa merumahkan anaknya sudah dua hari. Karena, takut anaknya menghirup udara yang tidak sehat ini setiap hari.

Baca Juga : Walikota Padang Hendri Septa Terima 500 Paket Sembako bagi Petugas DLH dari BNI Wilayah 02 Sumbar Riau Kepri

“Mulai dari pagi anak saya sudah menghirup kabut asap. Dinas kesehatan meng­him­bau untuk tidak keluar rumah, kalau anak sekolah sampai kapan saya harus meliburkan anak saya. Ini beruntung orang baru ma­suk sekolah. Kalau orang ujian bagaimana nasib anak-anak kita, apakah paru-paru anak kita harus rusak gara-gara menghirup asap setiap tahunnya,” tutur Yeti kesal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pa­dang Habibul Fuadi kepada Haluan, kemarin, me­nyam­paikan pihaknya sudah me­ng­himbau pihak sekolah dan wali murid untuk menjaga kesehatan anaknya.

Baca Juga : Bangun Industri CPO dan Turunannya di Kota Padang, Hendri Septa Tinjau PT Padang Raya Cakrawala

“Penggunaan masker sa­lah satu upaya menjaga ke­se­lamatan diri. Silahkan orangtua membelikan anak­nya masker ketika berangkat sekolah. Kita belum bisa mengambil tindakan, apa­kah dengan meliburkan sis­wa atau lainnya, karena kita masih menunggu koordinasi dengan pihak terkait yang mengurus kondisi cuaca ini. Apakah sudah berbahaya atau masih di ambang batas aman,” ucapnya.

Ia juga meminta kepada orangtua untuk membelikan anaknya masker, karena pi­hak­nya tidak bisa mem­bagi­kan masker kepada siswa, karena itu kewenangan dinas kesehatan, tetapi dia akan terus memantau kondisi cuaca ini ke depan.

“Kita sama-sama tahu, asap ini mudah sekali di­bawa angin. Untuk itu, ora­ng­tua atau guru jangan me­nunggu instruksi dulu, jika asap su­dah tebal lengkapi anak de­ngan masker. Atau jangan ke luar ruangan kelas terlalu sering,” pintanya. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]