DPD Makin Aktif Turun ke Daerah Serap Aspirasi


Jumat, 04 September 2015 - 19:45:36 WIB
DPD Makin Aktif Turun ke Daerah Serap Aspirasi

Selama ini, lanjut Farouk, kinerja DPD sering diasumsikan hanya terjadi secara simbolis, termasuk dalam fungsi representasi aspirasi masyarakat daerah dalam isu-isu yang langsung berhubungan dengan rakyat.

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Sebagai lembaga baru yang sangat terbatas fungsinya menurut Undang-Undang, DPD diasumsikan akan kesulitan untuk terjun langsung dalam menyelesaikan masalah-masalah negara dan rakyat. Tentu saja hal itu tidak sepenuhnya benar, mengingat berbagai langkah yang diambil DPD menyelesaikan masalah-masalah bangsa. Sebagai bukti, DPD makin mampu menjawab tuntutan rakyat terhadap fungsi ideal sebuah lembaga legislatif. “ Suara DPD makin didengar dan pemerintah juga makin sering menjalin hubungan strategis dengan DPD RI untuk bersama-sama mencari solusi terhadap persoalan-persoalan yang terjadi,” katanya.

Fakta tersebut, tambah Farouk, jelas menunjukkan seiring dengan perjalanan waktu, DPD makin kuat secara kelembagaan dan eksistensinya makin diakui sebagai kamar legislatif yang berkinerja secara baik.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Farouk menjelaskan, periode pertama DPD RI telah dilalui sebagai era penemuan format yang sesuai, periode kedua dilewati sebagai era peningkatan fungsi kelem­bagaan dan periode ketiga 2014-2019 ini, eksistensi DPD dan fungsinya akan makin terus diupayakan dan tingkatkan. “Saya yakin penguatan fungsi dan wewenang DPD adalah sesuatu yang pasti akan terjadi karena inilah takdir kita sebagai bangsa dan negara yang terdiri dari keberagaman dan daerah-daerah. Dengan sendirinya kebutuhan terhadap penguatan DPD akan menjadi isu seluruh bangsa. “ tukasnya.

Untuk mendorong dan mengambil langkah-langkah yang lebih sistematis dan terstruktur menuju ke arah Format DPD yang ideal, Pimpinan DPD mengharapkan peran media. “Peran media sangat besar sebagai tugas dan amanah sejarah untuk menyempurnakan bikame­ralisme Indonesia dan mengembalikan karakter kebera­gaman Indonesia dalam struktur kenegaraan kita. Baik DPD, media dan seluruh komponen bangsa harus me­ngemban amanah sejarah itu demi masa depan bangsa yang lebih, pungkas Wakil Ketua DPD RI, Farouk Muhammad.

Hadir antara lain Ketua Komite II DPD Parlindungan Purba, Wakil Ketua Komite III Pdt Charles Simare-mare, Ketua RI Akhmad Muqowam, Ketua Komite IV Jhon Pieris, Badan Kehormatan (BK) DPD RI, AM Fatwa, Sekretaris Jenderal DPD RI Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto. (h/sam)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]