Satu Tahun KI Sumbar, Terima 12 Aduan


Jumat, 04 September 2015 - 19:46:37 WIB
Satu Tahun KI Sumbar, Terima 12 Aduan

“Jika  laporan yang masuk minim dikarenakan pelayanan atas masyarakat memang telah sesuai dengan harapan, itu akan bagus, kami  ikut senang.  Namun yang jadi persoalan adalah, KI melihat laporan yang diterima masih  minim dikarenakan masih banyaknya yang belum paham keberadaan KI sebagai wadah memperjuangkan keterbukaan informasi,” papar Syamsurizal saat  menyerahkan laporan evaluasi satu tahun KI kepada Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim di Gedung DPRD Sumbar, Jumat (4/9).

Baca Juga : Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021

Ia juga mengungkap, bukan hanya masyarakat yang terlihat belum paham tentang fungsi dan keberadaan KI, di level pemerintah pun masih banyak pejabat yang belum begitu mengerti tentang KI. Untuk ini,  ia  meminta dan mengimbau pada semua pihak agar memanfaatkan kehadiran KI yang sudah dibentuk dan diamanatkan pemerintah untuk menegakan keterbukaan informasi.

Disampaikan juga, tahun sekarang, dari 12 aduan yang diterima, hanya 7 sengketa yang memenuhi persyaratan untuk ditindaklanjuti. Mayoritas sengketa yang masuk tersebut lebih banyak melaporkan soal sengketa tanah, sengketa anggaran bidang keuangan, lalu soal kebijakan publik yang dinilai tidak transparan. Dari 7 sengkera, enam yang sudah diregister, sedangkan ada saua yang sedang berjalan yakni, sengketa tanah antara masyarakat dan KAN di Sicincin, Kabupaten Padangpariaman.

Baca Juga : Geledah Kamar Hunian, Petugas Lapas Klas II B Padang Temukan Sajam

Sekaitan dengan satu tahun perjalanan KI, menurutnya, salah satu hal yang jadi catatan adalah, mayoritas badan publik dinilai belum sungguh-sungguh menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam keterbukaan informasi. Untuk mengatasi persoalan tersebut, pada akhir tahun ini KI berencana  mengelar penilaian peningkatan badan publik di Sumbar.

Komisioner KI Sumbar, Arfitriati juga mene­kankan, tak ada alasan badan publik untuk me­nyembunyikan informasi kemasyarakat. Maka dari itu, dorongan semua pihak juga diharapkan guna meningkatkan kesadaran publik akan pemanfaatan KI sebagai wadah mewujudkan keterbukaan informasi.  Di lain pihak, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Ir­­wan Rahim me­nya­takan, DPRD ber­komitmen men­dukung semua lang­kah dan upaya KI Sumbar untuk menjadikan Sumbar sebagai provinsi dengan kesadaran keterbukaan informasi yang baik. (h/mg-len)

Baca Juga : Resmikan Surau Papan Palinggam Padang, Gubernur: Mari Ciptakan Pemimpin Masa Datang

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]