KPU Kota Solok Rekrut Relawan Demokrasi


Ahad, 06 September 2015 - 19:18:07 WIB
KPU Kota Solok Rekrut Relawan Demokrasi

Lebih jauh Budi Santosa mengatakan, relawan de­mok­rasi ini menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pen­didikan pemilih. Relawan demokrasi ini diharapkan mampu men­dorong tum­buhnya kesadaran serta tang­gungjawab masya­rakat untuk menggunakan haknya dalam pemilihan Wali­kota dan Wakil Walikota Solok tahun 2015.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 156, Sembuh 106, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Pembentukan relawan demokrasi ini, kata Budi, juga untuk menyikapi semakin me­nurunnya angka part­isipasi pe­milih dari Pemilu ke Pe­milu. Mulai Pemilu Legislatif hingga Pemilu presi­den, jumlah masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya menunjukkan peningkatan yang cukup tajam. Me­ning­katnya jumlah masya­rakat yang tak menggunakan hak pilih atau Golput ini karena masyarakat kecewa dengan hasil  dari Pemilu itu sendiri. Mereka kecewa karena Pe­milu hanya menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin yang yang jauh dari harapan dan ekpektasi rakyat.

Kemudian masyarakat juga kecewa karena Pemilu yang membutuhkan biaya besar ter­nyata tak mampu merubah secara signifikan keadaan bangsa dan negara menjadi lebih baik. Keke­cewaan masyarakat itu juga muncul karena penye­leng­garaan Pemilu seringkali berpotensi menimbulkan  potensi konflik horizontal di tengah-tengah masyarakat dan merusak kearifan lokal dan modal sosial yang hidup di ma­syarakat.  “Banyaknya masyarakat yang apatis ini merupakan tantangan berat bagi relawan demokrasi un­tuk membangun kembali ke­sadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilih­nya. Maka dalam seleksi relawan de­mokrasi ini, KPU Koata So­lok akan me­ngambil ora­ng-orang yang benar-be­nar net­ral dan memiliki per­ha­tian besar terhadap proses de­mokrasi,” kata Budi San­toso.

Baca Juga : Mantan Wagub Sumbar Bangun Rumah Gadang Malintang Panai

Sementara itu Divisi So­sialisasi KPU Kota Solok, Maqomam Mahmuda me­nga­ta­kan, jumlah perserta yang mendaftar sebanyak 58 orang dan mengikuti ujian seleksi tertulis  54 orang. Jumlah yang akan dite­tap­kan sebagai relawan demo­krasi hanya 25 orang. Ini se­suai dengan alokasi ang­garan yang tersedia dalam APBD Kota Solok 2015. (h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]