Meliburkan Sekolah Jadi Kewenangan Kepala Daerah


Ahad, 06 September 2015 - 19:32:31 WIB
Meliburkan Sekolah Jadi Kewenangan Kepala Daerah

Menurutnya, jika kabut asap di daerah memang su­dah tidak sehat dan dikha­watirkan bisa berpengaruh buruk pada pelajar, sangat wajar jika kepala daerah mengambil keputusan un­tuk meliburkan sekolah.

Baca Juga : Pasar Murah di Padang, Banyak Diskon yang Ditawarkan

Dia mengatakan, dalam kondisi kualitas udara yang memburuk seperti saat ini, yang dikhawatirkan paling men­dapat pengaruh buruk adalah murid PAUD, TK dan SD. “Untuk pelajar S­M­P, SMA mungkin masih me­miliki ke­tahanan fisik yang cukup baik. Tetapi untuk murid PAUD, TK dan SD tentu tidak demikian,” katanya.

Meski demikian, dia me­nga­takan keputusan untuk meliburkan sekolah tetap menjadi kewenangan bupati dan wali kota.

Baca Juga : Malamang, Tradisi Unik Jelang Ramadan di Padang

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pa­dang Habibul Fuadi menga­takan, hingga saat ini pihak­nya belum memutuskan un­tuk meliburkan pelajar s­e­kolah di kota itu untuk me­nga­n­tisipasi semakin te­bal­nya kabut asap. “Kami akan ber­ko­or­dinasi dengan Ba­dan Pe­nang­gu­lang­an Ben­ca­na Daerah(BPBD) sebelum me­­nga­mbil ke­pu­tusan meli­burkan pelajar se­kolah,” katanya.

Meski demikian, dia me­ngat­akan pihaknya telah mengimbau pihak sekolah dan orang tua agar mem­bekali pelajar dengan mas­ker mencegah dampak ke­se­hatan akibat kabut asap. Ia mengatakan saat ini kabut asap yang terjadi di Padang sudah pada tahap yang me­ng­ganggu namun belum se­pa­rah di Pekanbaru.

Baca Juga : Kembangkan Bakat Remaja, Rabbani Sport Center Hadir di Padang

“Namun, jika memang berdasarkan kajian Dinas Kesehatan dan Badan Pe­nang­gulangan Bencana Da­erah pelajar harus diliburkan kami siap mengins­truk­si­kan,” kata dia. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]