Udara Padang Tak Sehat, Warga Diminta Waspada


Ahad, 06 September 2015 - 19:33:30 WIB

Kepala Bapedalda Kota Padang Edi Hasymi kepada wartawan mengatakan, un­tuk pengujian kualitas udara di Kota Padang akibat kabut asap kiriman dari provinsi tentangga sudah dilakukan.

Hasilnya, kualitas udara di Kota Padang sudah masuk pada kategori tidak sehat dan membahayakan pernapasan, terutama bagi orang yang mudah terjangkit penyakit ISPA, agar lebih hati-hati dan waspada untuk mengan­tisipasi.

Dijelaskannya, hasil pe­me­riksaan kondisi udara yang dilakukan Bapedalda Kota Padang, partikel meter yang terkandung dalam uda­ra saat ini telah mencapai 209ug/nm3. Sementara itu, batas baku mutu udara yang aman untuk pernapasan maksimal debu halus yang terkandung 150ug/nm3.

Artinya, kondisi udara di Kota Padang sudah jauh dari ambang baku mutu normal. Jika tak diantisipa­si, partikel meter atau debu halus masuk ke paru-paru akan dapat  merusak perna­pa­san.

“Berdasarkan hasil pe­me­­riksaan tersebut kualitas udara di Kota Padang ditan­dai dengan warna kuning menggunakan alat pengu­kuran, yang artinya tak sehat. Kualitas udara yang aman digunakan itu adalah ber­war­na hijau dan biru. Na­mun, bila merah dan hitam kon­disinya paling parah dan dianjurkan tak berada di kawasan tersebut,” jelasnnya.

Lebih lanjut dikatakan Edi, Pemko Padang sudah mulai membagikan masker kepada sekolah-sekolah SD di Kota Padang. Salah satu­nya, Walikota Padang mem­ba­gikan langsung masker tersebut kepada siswa SD 03 Purus, dua hari yang lalu.

Di samping itu, para orangtua diharapkan lebih intensif menjaga anak-anak­nya, terutama yang berusia di bawah 5 tahun, TK dan SD. Disarankan, mereka untuk banyak melakukan aktivitas di dalam rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 November 2016 - 00:42:34 WIB

    Dua Bersaudara Terjaring di Wisma

    PADANG, HALUAN — Berniat hen­dak kabur dari rumah karena alasan tertentu, sepasang kakak beradik yang bernama Endang Lusiana (17) dan Ananda Meilati Putra (20), warga Koto Marapak, Keca­matan Padang Barat ini malah ketiba.
  • Senin, 08 Agustus 2016 - 11:58:55 WIB
    MUNAS IALI V

    Atasi Udara Panas dengan Menambah Pepohonan

    PADANG, HALUAN — Un­tuk pertama kalinya, Ikatan Arsitektur Lansekap In­do­nesia (IALI) menggelar Mu­syawarah Nasional (Mu­nas) di luar Pulau Jawa, tepatnya di Kota Padang. Selama dua hari, Sabtu (6/8) dan Minggu (7/8),.
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 06:10:55 WIB
    Mudik Lebaran

    Angkutan Darat Sepi, Udara Ramai

    Angkutan Darat Sepi, Udara Ramai PADANG, HALUAN — Leba­ran tinggal hitungan hari, biasanya di tahun sebelumnya pemudik sudah mulai meren­cakan pulang kampung. Na­mun, sejumlah penjualan tiket bus seperti Antar Kota-Antar Provinsi(AKAP) masih sepi..
  • Rabu, 25 Mei 2016 - 05:37:36 WIB
    Seorang Meninggal

    Tiga Bersaudara Keracunan Singkong

    Tiga Bersaudara Keracunan Singkong PADANG, HALUAN — Na­sib nahas dialami tiga ber­saudara anak kandung pasa­ngan Dasrul (45) dan Sofita (40). Mereka mengalami muntah-muntah setelah me­ma­kan singkong yang dipa­nen di kebun dekat rumah­nya di kawasan P.
  • Jumat, 01 April 2016 - 04:18:53 WIB

    Seteru Pemilihan Datuak Pucuak, Mudarat Bagi Kaum

    Seteru Pemilihan Datuak Pucuak, Mudarat Bagi Kaum PADANG, HALUAN — Tugas dan tanggung jawab datuak pucuak tidaklah ringan, selain memastikan kaumnya tidak melenceng dari norma-norma adat, datuak pucuak juga harus mampu menengahi berbagi persolan yang dialami oleh para keme.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]