Presiden Jokowi Minta Usut Kebakaran Hutan, Sengaja atau Tidak


Ahad, 06 September 2015 - 19:35:58 WIB

Teten menyebut, Jokowi telah meminta aparat terkait untuk terus mencari apa penyebab terjadinya keba­ka­ran. Jika ada oknum yang mela­kukannya dengan se­ngaja, maka pelakunya akan dibawa ke ranah pidana.

“Beliau pasti akan min­ta agar aparat menelusuri apa­kah, kebakaran ini tidak di­sengaja, atau ada kese­ngajaan, dan bukan tidak mung­kin beliau akan pe­rin­tahkan penegakan hu­kum terhadap pelaku kebakaran hutan,” jelas Teten.

Tujuan Ampera me­min­ta bantuan Malaysia dise­but-sebut karena peme­rintah dianggap tidak mampu me­ngatasi masalah asap. Ter­kait kerjasama dengan Ma­laysia, menurut Teten, pe­merintah telah ber­koor­dinasi melalu Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi.

“Itu (koordinasi) sudah dilakukan oleh Menlu, saya kira mereka punya hu­bu­ngan-hubungan di­plomatik untuk koordinasi dengan masalah-masalah yang ber­singgungan dengan masalah kita,” tutur Teten.

Tinjau Hutan Terbakar

Sementara itu Minggu (6/9), Presiden Joko Wi­dodo meninjau langsung penanganan kebakaran hu­tan di Dusun Garonggang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Jo­kowi bahkan masuk sampai tengah hutan yang sudah hangus.

Jokowi bersama rom­bongan yang terdiri dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Panglima TNI Jen­deral Gatot Nurmantyo, Kepala KSP Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Ha­dimulyono, Gubernur Sum­sel Alex Noerdin dan Bupati Ogan Komering Ilir Is­kan­dar menempuh jalur darat dari Kota Palembang. Per­jalanan memakan waktu se­kitar 2 jam dan tak ada sinyal seluler.

Kondisi tekstur jalan pun bergelombang sehingga sese­kali iring-iringan mobil harus berjalan amat per­lahan. Jalan yang belum diaspal atau pun dilapisi beton membuat pasir-pasir berterbangan. Jokowi dan jajarannya menuju tengah hutan. Mereka melihat-lihat dampak kebakaran sambil berkoordinasi.

Tanah pada lahan yang hangus tersebut menjadi labil. Sehingga sedikit am­blas ketika diinjak.

“Kita sudah bicarakan masalah kebakaran lahan dan hutan yang me­nye­bab­kan kabut asap di enam provinsi. Memang tadi pagi yang kita lihat titik apinya paling banyak di Sumsel sehingga kita meluncur di sini. Kalau kita lihat me­mang ada penurunan di­banding kemarin, dari 321 menjadi 129. Tapi apapun, ini tetap mengganggu,” tutur Jokowi usai meninjau lo­kasi. (h/dtc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 11:05:03 WIB

    Fahri Hamzah Sebut Andre Rosiade bisa jadi Wakil Presiden

    Fahri Hamzah Sebut Andre Rosiade bisa jadi Wakil Presiden HARIANHALUAN.COM --  Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah menyebut, dirinya punya latar belakang yang sama dengan Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade. Hal itu diungkapnya dalam .
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 10:08:31 WIB

    PKS-Partai Demokrat Batal Berkoalisi Lawan Putra Presiden RI

    PKS-Partai Demokrat Batal Berkoalisi Lawan Putra Presiden RI HARIANHALUAN.COM - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengurungkan niatnya berkoalisi dengan Partai Demokrat di Pilkada Solo 2020..
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 20:30:38 WIB

    Sosok Ini Jadi Penasihat Anak Presiden RI

    Sosok Ini Jadi Penasihat Anak Presiden RI HARIANHALUAN.COM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Surakarta menunjuk Achmad Purnomo menjadi penasehat Tim Pemenangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa pada Pilkada Surakarta 2020..
  • Ahad, 07 Juni 2020 - 23:07:30 WIB

    Tak Ingin Capres Cuma Dua, PAN Ingin Presidential Threshold Dihapus

    Tak Ingin Capres Cuma Dua, PAN Ingin Presidential Threshold Dihapus HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus menolak ambang batas pencalonan presiden tetap 20 persen kursi di parlemen. Menurutnya, ambang batas pencalonan presiden membatasi jumlah pasangan calon pre.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 22:33:07 WIB

    Temui Staf Khusus Presiden, Eka Wahyu Dorong Usulan Pembangunan di Sawahlunto

    Temui Staf Khusus Presiden, Eka Wahyu Dorong Usulan Pembangunan di Sawahlunto SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM - Keterikatan secara partai, dimanfaatkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto Eka Wahyu yang juga kader terbaik Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) untuk menyamb.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]