Presiden Jokowi Minta Usut Kebakaran Hutan, Sengaja atau Tidak


Ahad, 06 September 2015 - 19:35:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Teten menyebut, Jokowi telah meminta aparat terkait untuk terus mencari apa penyebab terjadinya keba­ka­ran. Jika ada oknum yang mela­kukannya dengan se­ngaja, maka pelakunya akan dibawa ke ranah pidana.

“Beliau pasti akan min­ta agar aparat menelusuri apa­kah, kebakaran ini tidak di­sengaja, atau ada kese­ngajaan, dan bukan tidak mung­kin beliau akan pe­rin­tahkan penegakan hu­kum terhadap pelaku kebakaran hutan,” jelas Teten.

Tujuan Ampera me­min­ta bantuan Malaysia dise­but-sebut karena peme­rintah dianggap tidak mampu me­ngatasi masalah asap. Ter­kait kerjasama dengan Ma­laysia, menurut Teten, pe­merintah telah ber­koor­dinasi melalu Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi.

“Itu (koordinasi) sudah dilakukan oleh Menlu, saya kira mereka punya hu­bu­ngan-hubungan di­plomatik untuk koordinasi dengan masalah-masalah yang ber­singgungan dengan masalah kita,” tutur Teten.

Tinjau Hutan Terbakar

Sementara itu Minggu (6/9), Presiden Joko Wi­dodo meninjau langsung penanganan kebakaran hu­tan di Dusun Garonggang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Jo­kowi bahkan masuk sampai tengah hutan yang sudah hangus.

Jokowi bersama rom­bongan yang terdiri dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Panglima TNI Jen­deral Gatot Nurmantyo, Kepala KSP Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Ha­dimulyono, Gubernur Sum­sel Alex Noerdin dan Bupati Ogan Komering Ilir Is­kan­dar menempuh jalur darat dari Kota Palembang. Per­jalanan memakan waktu se­kitar 2 jam dan tak ada sinyal seluler.

Kondisi tekstur jalan pun bergelombang sehingga sese­kali iring-iringan mobil harus berjalan amat per­lahan. Jalan yang belum diaspal atau pun dilapisi beton membuat pasir-pasir berterbangan. Jokowi dan jajarannya menuju tengah hutan. Mereka melihat-lihat dampak kebakaran sambil berkoordinasi.

Tanah pada lahan yang hangus tersebut menjadi labil. Sehingga sedikit am­blas ketika diinjak.

“Kita sudah bicarakan masalah kebakaran lahan dan hutan yang me­nye­bab­kan kabut asap di enam provinsi. Memang tadi pagi yang kita lihat titik apinya paling banyak di Sumsel sehingga kita meluncur di sini. Kalau kita lihat me­mang ada penurunan di­banding kemarin, dari 321 menjadi 129. Tapi apapun, ini tetap mengganggu,” tutur Jokowi usai meninjau lo­kasi. (h/dtc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 April 2019 - 16:17:31 WIB

    Karangan Bunga 'Prabowo Presiden' Bertebaran di Kertanegara

    Karangan Bunga 'Prabowo Presiden' Bertebaran di Kertanegara JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dinobatkan menjadi presiden untuk periode 2019-2024 oleh para pendukungnya lewat sejumlah karangan bunga..
  • Kamis, 18 April 2019 - 17:58:11 WIB

    Prabowo-Sandi Deklarasi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

    Prabowo-Sandi Deklarasi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangannya di Pilpres 2019. Deklarasi itu diklaim berdasarkan hasil penghitungan tim internal Bada.
  • Rabu, 13 Maret 2019 - 16:56:48 WIB

    Lakek Tangan Presiden Jokowi Mangkus di Dharmasraya

    Lakek Tangan Presiden Jokowi Mangkus di Dharmasraya DHARMASRAYA, HARIANHALUAN. COM– Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM), AAGN Puspayoga mengapresiasi pesatnya pembangunan di wilayah Kabupaten Dharmasraya dalam tiga tahun terakhir ini. .
  • Selasa, 18 September 2018 - 11:12:49 WIB

    Polda  Belum Terima Surat Aksi  #2019GantiPresiden

    Polda  Belum Terima Surat Aksi  #2019GantiPresiden PADANG, HARIANHALUAN.COM– Polda Sumbar sejauh ini belum menerima surat pemberitahuan deklarasi #2019GantiPresiden yang digadang-gadangkan dilaksanakan di sejumlah daerah di Sumbar. Jika suratnya masuk, Polda terlebih dahulu.
  • Selasa, 04 September 2018 - 10:32:40 WIB

    Ketua DPR: Deklarasi #GantiPresiden Tidak Salah

    Ketua DPR: Deklarasi #GantiPresiden Tidak Salah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai kegiatan deklarasi #2019GantiPresiden, tidak salah dan memang tidak boleh dipersalahkan atas nama demokrasi atau kebebasan berpendapat. .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM