Di Bukittinggi, Penderita HIV/AIDS Mencapai 411 Orang


Senin, 07 September 2015 - 19:04:21 WIB

Menurut Syofia, pi­ha­k­nya belum meng­kal­kula­sikan jumlah penderita AI­DS hingga awal Sep­tember 2015 ini, karena me­nu­rut­nya, pengkalkulasian jumlah pen­derita AIDS itu dila­ku­kan selama satu kali da­lam setahun. Ini berarti, ang­ka penderita AIDS hing­ga 20­15 baru bisa diketahui sa­at awal tahun 2016 men­datang.

Untuk mengatasi ma­salah AIDS ini, Pemko Bu­kit­tinggi saat ini dibantu oleh Komisi Pe­nang­gu­la­ngan AIDS (KPA) Bukit­tinggi. KPA itu kini juga telah meng­gandeng empat LSM, di­antaranya LSM Per­sau­da­raan Korban Napza Bu­kit­tinggi (PKNB), LSM For­sis, LSM New Padoe Ji­wa (NPJ) serta LSM Sema­ngat Baru Bukittinggi (S­BB).

Keempat LSM tersebut memiliki tugas yang ber­beda. PKNB misalnya, ber­tugas untuk advokasi di lapa­ngan, Forsis bertugas untuk mencari, menjangkau, dan mendampingi korban atau yang berpotensi ter­jangkit HIV/AIDS. Selain itu, NPJ bertugas untuk membuka usaha atau me­nga­lihkan aktivitas negatif ke aktivitas positif, dan untuk SBB ber­tugas untuk mendampingi korban yang sudah terinfeksi hingga me­ngingatkan kor­ban untuk meminum obat.

Penyakit HIV/AIDS da­pat menyerang seseorang karena prilaku mereka sen­diri. Penyakit itu dapat menular melalui pecandu narkoba yang menggunakan jarum suntik secara ber­gantian, hubungan seksual di luar nikah atau seks bebas antara lelaki dan perem­puan, ataupun seks sesama lelaki. Penyakit ini juga bisa me­nular kepada bayi yang me­nyusui dari ibu yang ter­jangkit AIDS.

Diharapkan kepada m­a­syarakat yang suka ber­hu­bungan seks secara bebas, pemakai narkoba yang meng­­­gunakan jarum suntik secara bergantian, atau me­rasa ada indikasi penyakit AIDS menyerang diri, untuk memeriksakan diri ke Pus­kesmas secepatnya, agar bisa diobati secara cepat, dan virus HIV itu tidak ber­kembang dengan cepat. Pe­meriksaan tidak dike­nakan biaya, karena obatnya juga disubsidi pemerintah.

Penderita AIDS juga diharapkan tidak malu da­lam memeriksakan diri atau berobat, karena KPA ber­komitmen untuk menjaga dan merahasiakan identitas korban. (h/wan)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]