Produk Kedaluwarsa Marak di Padang Panjang


Senin, 07 September 2015 - 19:05:28 WIB

“Untuk tahap pertama, mereka memang kita beri­kan peringatan tertulis saja dengan membuat surat pernyataan. Tetapi jika ditemukan lagi, kita akan meneruskan permasalahan ini ke pihak yang berwe­nang,” sebut Relis.

Meskipun tidak merin­ci nama toko dan pedagang yang telah diberikan surat peringatan tersebut, tetapi pihaknya tetap menga­man­kan barang-barang tidak layak edar yang masih dipa­jang di etalase dan tempat-tempat penyimpanan ba­rang untuk diper­jual­beli­kan.

“Sesuai dengan meka­nis­menya, untuk tahap per­ta­ma kita memang tidak melibatkan instansi terkait dan tim yang turun hanya dari Dinas Koperindag dan UMKM saja. Karena masih bersifat persuasif dan pre­ven­tif, untuk tahap selan­jutnya, kita akan turun dengan tim yang lebih ba­nyak dan melibatkan se­jum­lah pihak terkait,” jelas Reflis.

Reflis juga meng­him­bau kepada pedagang, un­tuk memeriksa waktu ke­da­luwarsa barang yang akan­ diperjualbelikan. Se­hing­ga masyarakat selaku konsumen juga tidak diru­gikan, apalagi barang-ba­rang makanan, minuman dan kosmetik yang telah kedaluwarsa juga membe­rikan dampak buruk terha­dap kesehatan masyarakat.

“Kita memang belum menemukan adanya kelu­han masyarakat tentang adanya barang yang expi­red, beredar di pasaran. Tetapi dari razia yang kita lakukan, kita masih mene­mukan makanan, minu­man dan kosmetik yang masih diperjualbelikan,” urainya.

Diungkap Reflis, jika pedagang dan masyarakat berhati-hati dalam menjual dan membeli barang-ba­rang makanan dan minu­man ter­se­but, tentunya pe­nga­wasan yang akan dila­ku­kan­ bisa lebih efektif dan ti­dak merugikan konsu­men.

“Kami mengimbau ke­pada pedagang, untuk se­lalu memeriksa jadwal kada­luarsa makanan dan minu­man tersebut, dan bisa me­nu­karkannya kepada pihak distributor. Sehing­ga, tidak ada pihak-pihak yang diru­gikan dalam ma­sa­lah ini,” tutupnya. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]