Kampanye Tak Lagi Identik dengan Spanduk


Senin, 07 September 2015 - 19:09:51 WIB

“Semua hal kampanye difasilatasi oleh KPU, ini membuat beda dengan sebe­l­um­nya. Kalau Pilkada sebe­lumnya hingar-bingar itu sudah terasa. Kali ini, kita akan cari format lain, na­mun tidak bertentanggan dengan aturan yang telah dibuat. Kami ingin kam­panye ini benar-benar efek­tif dan pe­ran mediapun mak­simal,” ucap Ketua KPU Sumbar Amnasmen saat mengelar diskusi ber­sama tim kam­panye calon dan media massa di Gedung Pertemuan KPU Sumbar, Senin (7/9).

Ia mengatakan, dike­luarkannya aturan baru ten­tang kampanye ini ber­tujuan agar masyarakat tidak hanya sekedar me­ngenal dan tahu calon ke­pala daerah. Tapi turut memperdalam visi misi dan calon sehingga nan­tinya menghasilkan pe­mimpin yang berkualitas.

“Trennya sekarang tidak lagi pakai baliho. Tapi KPU menciptakan sebanyak mung­kin pertemuan dengan kons­tituen yang jumlahnya men­capai seratus kali se­masa musim kampanye,” tambah Komisioner KPU Sumbar Mufti Syarfie.

Meskipun alek Pilkada ini tidak segencar seperti pelaksanaan sebelumnya dan khawatir akan terjadi penurunan partisipasi pe­milih, KPU meyakinkan diri bahwa dengan ratusan ribu poster, stiker dan lainnya disediakan tidak akan me­ngurangi semarak Pilkada.

“Jumlah 150 ribu itu kan banyak. Setiap pertemuan saja misalkan 1.000 poster yang disebar, tentu ini bisa meramaikan kegiatan dan tentunya bisa menarik orang banyak datang. KPU me­nyediakan media ini bagi calon untuk berkampanye dan silakan digunakan se­suai strategi masing-masing calon,” ucap Mufti.

Dia juga mengingatkan, semua pihak dapat menjaga proses kampanye sesuai atu­ran. Hal ini agar tidak me­nganggu pelaksanaan Pil­kada, terutama soal iklan di media massa, jika ada yang salah dan jadi temuan akan berujung pada pembatalan calon nantinya.

“Media harus menahan diri, karena iklan yang d­i­pasang diluar pesanan KPU, pencalonan yang yang ber­sangkutan bisa dibatalkan dan ada tim yang memantau untuk ini. Iklan terselubung juga bisa membatalkan pen­calonan,” ingatnya.

Demikian juga untuk agenda rapat terbuka dan pertemuan terbatas ataupun blusukan yang dilakukan para calon pada saat kam­panye. Semua bentuk ke­giatan yang bentuknya so­sialisasi mesti dilaporkan ke KPU dan aparat ke­polisian, paling lambat satu hari se­belum agenda. (h/eni)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 26 September 2020 - 06:47:43 WIB

    Mahyeldi Cuti Kampanye, Hendri Septa Naik Pangkat Jadi Plt Wali Kota Padang

    Mahyeldi Cuti Kampanye, Hendri Septa Naik Pangkat Jadi Plt Wali Kota Padang HARIANHALUAN.COM - Hari ini, Sabtu (26/9/2020), Wakil Walikota Padang Hendri Septa menjadi pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Padang. Ini sejalan dengan Mahyeldi Ansharullah cuti sebagai Wali Kota Padang pada 26 September 2020..
  • Kamis, 02 November 2017 - 10:35:26 WIB

    Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Berkampanye One Man One Tourist

    Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Berkampanye One Man One Tourist PADANG, HARIANHALUAN.COM--Memasuki 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat mengalami penurunan. Menurut data BPS, total kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar turun sebesar 23.06 persen. Per September 2017, kunju.
  • Kamis, 10 Desember 2015 - 04:10:51 WIB

    Kampanye Terlalu Dibatasi, Partisipasi Pemilih Rendah

    PADANG, HALUAN — Sejumlah pihak memprediksi partisipasi pemilih pada Pilkada serentak di Sumbar tak mencapai target, ter­utama di Padang. Dari pantauan pada banyak TPS, memang tak banyak pemilih yang muncul. Par­tisipasi .
  • Senin, 07 Desember 2015 - 02:56:48 WIB

    Masa Tenang, Waspadai Kampanye Terselubung

    PADANG, HALUAN — Ko­a­­lisi Masyarakat Sipil Sum­bar Kawal Pilkada menga­jak semua masyarakat me­nga­wasi aktivitas kampanye terselubung yang dilakukan pasangan calon kepala da­erah. Berkaca pada pemilu sebelumnya, .
  • Jumat, 27 November 2015 - 20:18:03 WIB

    Hari Ini, Dzikir dan Kampanye Akbar MK-Fauzi di Imam Bonjol

    DIHADIRI SBY, WIRANTO, ZULKIFLI HASAN, AMIEN RAIS

    PADANG, HALUAN — Pu­luhan ribu massa pen­du­kung MK-Fauzi, diper­ki­rakan akan tumplek di La­pangan Imam Bonjol, Pa­dang,.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]