Gugatan Ditolak, Golkar Siap ke PT TUN


Senin, 07 September 2015 - 19:17:30 WIB

Putusan dibacakan, Senin (7/9) secara bergantian oleh tiga komisioner Bawaslu yaitu Elly Yanti, Surya Efitrimen dan Aermadepa. Musyawarah dihadiri oleh kuasa hukum pemohon Rifka Zuwanda dan Budi Harman dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat Nurhaida Yetti selaku termohon.

"Setelah dilakukan pengkajian terhadap gugatan pemohon (Partai Golkar, red) maka Bawaslu memutuskan tidak dapat menerima gugatan. Sesuai dengan Peraturan Bawaslu nomor 8 tahun 2015 pasal 4, yang berhak atau memiliki kedudukan hukum (legal standing) mengajukan gugatan adalah pasangan calon atau gabungan partai politik pengusung pasangan calon," ungkapnya, Senin (7/9).

Sebelumnya, Partai Golkar menggugat ke Bawaslu Sumbar untuk bisa menjadi salah satu partai pengusung dalam Pilgub Sumbar tahun 2015. Dalam hal ini, Partai Golkar ingin menjadi pengusung dari pasangan calon Muslim Kasim- Fauzi Bahar (nomor urut 1). Pasangan ini diusung oleh koalisi partai PAN, Nasdem, Hanura dan PDIP.

Karena gugatannya ditolak Bawaslu Sumbar, Dewan Pim­pinan Daerah (DPD) Partai Gol­kar Sumbar berencana menga­jukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) di Medan.

Kuasa Hukum DPD Golkar Sumbar Rifka Zuwanda didam­pingi rekannya Budi Harman usai men­dengarkan putusan Bawaslu Sumbar menyatakan bahwa pi­hak­nya akan berupaya untuk membawa gugatan ke PTUN di Medan secepatnya.

Rifka juga menyampaikan keberatan atas sikap Bawaslu dalam sidang mediasi pada Jumat (4/9) lalu yang meminta pihak pemohon juga menghadirkan pasangan  Calon Gubernur - Wakil Gubernur Muslim Kasim- Fauzi Bahar, namun proses me­diasi dinilai tidak dilakukan oleh Bawaslu sebagaimana mestinya. (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 Desember 2016 - 02:06:33 WIB
    OBJEK PERKARA BELUM FINAL

    PTUN Tolak Gugatan Erisman

    PADANG, HALUAN – Gugatan Ketua DPRD (DPRD) Kota Padang Erisman terhadap Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Pa­dang, ter­kait SK No.04/PTS/BK/DPRD-Pdg/VI/2016, ter­tanggal 6 Juni 2016, tentangpemberhentiannya dari jabatan Ke.
  • Kamis, 29 September 2016 - 02:59:32 WIB
    PERKARA TANAH GUNUNG PANGILUN

    Gugatan Dinilai Tak Berdasar Hukum

    PADANG, HALUAN — Ter­gugat I, II, III dan VI dalam perkara perdata tanah seluas 1.678 m2 di Jalan Gajah Mada RT 02 RW 02, menyampaikan jawaban atas gugatan yang disampaikan Rusman Haris selaku penggugat, yang me­ngaku se.
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:38:43 WIB
    PERKARA TANAH KATAPIANG

    Gugatan MKW Suku Koto Ditolak

    PADANG, HALUAN — Ma­jelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang menerima eksepsi (nota keberatan) yang diajukan Rusdi Ilyas Cs selaku tergugat atas perkara perdata tanah seluas 5.000 M2 di Rawang, Katapiang, Kecamatan Kuranj.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 04:30:59 WIB

    PTUN Lanjutkan Sidang Gugatan terhadap Gubernur

    PADANG, HALUAN — Sidang gugatan mantan Kepala Kesbangpol Sumbar, H. Irvan Khairul Ananda di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Padang, kembali digulirkan kemarin (4/8). Namun sidang dengan agenda persiapan (melengkapi da.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 06:39:23 WIB

    Kaum Maboet Menangkan Gugatan atas UBH Cs

    Kaum Maboet Menangkan Gugatan atas UBH Cs PADANG, HALUAN — Upaya pencarian keadilan Lehar (72), mamak kepada waris (MKW) Kaum Maboet, Koto Tangah untuk mendapatkan tanah kaumnya yang dikuasai pihak lain dipenuhi majelis hakim PN Padang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]