Memilih Suplemen


Selasa, 08 September 2015 - 18:37:06 WIB
Memilih Suplemen

Inilah daftar tiga sup­lemen penting yang dibu­tuhkan oleh tubuh dan pan­duan untuk memilih produk terbaik untuk masing-ma­sing jenis suplemen:

Baca Juga : Resep Lauk Tahan Lama, Bisa untuk Sahur dan Buka Puasa

1. Multivitamin

Memang secara ideal, semua nutrisi kita seha­rusnya diperoleh dari sebu­ah diet kaya buah dan sayu­ran. Tapi  suplemen multi­vi­tamin bisa mengurangi resiko kehilangan nutrisi penting. Sebuah suplemen multivitamin bisa me­ma­stikan kita mendapatkan semua vitamin dan mineral yang penting sesuai jumlah yang direkomendasikan se­tiap hari, dan men­cegah kita ter­kena penyakit kro­nis se­perti kan­ker pa­yu­dara, kan­ker usus besar dan penyakit jantung.

Baca Juga : Sebentar Lagi Puasa, Ini Doa Menyambut Bulan Ramadan yang Diamalkan Rasulullah SAW

Pilih mul­tivitamin yang terdiri dari 10 vi­ta­min dan 10 mi­­neral ter­ma­suk vita­min A, C, D, E, K dan mi­neral seperti po­ta­sium dan zi­nc. Pastikan sup­lemen mul­ti­vi­tamin tersebut me­ngandung io­dine, sebuah mineral yang penting untuk jantung, ke­lenjar gon­dok, otak dan organ-organ vital lainnya.

Saat hendak membeli multivitamin, pastikan bah­wa di botol tersebut dilabeli 100 % Daily Value (DV). Sebagai tambahan, hindari suplemen dengan dosis ber­lebih yang mengandung 500 % DV. Karena pertim­ba­ngan bahwa kita juga akan mengkonsumsi vitamin dan mineral dari makanan ala­mi.

Baca Juga : Scooter Fan's Club Padang Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah

Terakhir, kon­sum­si mul­ti­vit­amin tersebut dalam dua bagian. Misalnya bila dosis anjurannya adalah satu pil per hari. Minum setengah pil di pagi hari dan set­engah pil pada malam hari supaya penyerapan vitamin bisa efektif.

2. Asam L­e­mak Omega-3/ Minyak ikan

Baca Juga : Bunda, Ini Cara Cari Lokasi Suami Lewat WhatsApp

Asam lemak Omega-3 adalah lemak superstar yang bisa meningkatkan kinerja otak, melindungi jantung dan arteri, melawan kerut wajah, melumasi sendi, dll. Ada beberapa tipe asam lemak omega-3:

-Alpha-lin­e­len­ic acid (A­LA) ditem­u­kan pada wal­nut, flax­seeds dan minyak zaitun.

-Docosahexaenoic acid (DHA) ditemukan umum­nya pada minyak ikan.

-Eicosapentaenoic acid (EPA) juga ditemukan pada minyak ikan.

Tidak semua suplemen omega-3 atau minyak ikan itu sama. Yang paling pen­ting adalah saat Anda mem­­beli suplemen ome­ga-3 pas­tikan suplemen tersebut mengandung DHA sebesar 600 mg. DHA ada­lah asam le­mak yang membentuk sebagian besar jaringan otak. DHA tidak  ha­nya berfung­si men­du­kung fungsi otak, tapi juga memperbaiki ke­mam­puan otak me­nyim­­pan dan menggu­na­kan energi. Zat ini juga baik untuk me­lawan depresi.

Minum suplemen ini saat sarapan. Untuk me­nyimpan minyak ikan supa­ya lebih awet, simpan di kulkas.

3. Kalsium dan Magnesium

Tanpa kalsium dalam diet Anda, tubuh akan me­ngambil mineral ini dari tulang-tulang Anda sehingga tulang itu melemah.

Ka­l­sium dikom­binasikan de­ngan magnesium tidak hanya memperbaiki tulang tapi juga menjaga gigi dan otot tetap sehat. Sangat penting bagi kita untuk meng­kon­sumsi kedua mineral ini secara bersamaan. Karena bila kita hanya meng­kon­sumsi kalsium akan menye­babkan sembelit, sementara mag­nesium akan mencegah efek samping ini.

Pilihlah suplemen yang mengandung 600 mg kal­sium dengan 400 mg mag­nesium dan minum satu pil per hari.  (h/net)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]