Wawako Payakumbuh Bagikan Masker


Selasa, 08 September 2015 - 18:44:25 WIB

Posko pertama didirikan pemko di pelataran parkir  Medan nan Bapaneh di de­pan Kantor Disparpora di Jalan Sukarno-Hatta Paya­kumbuh. Posko kedua ber­lo­kasi di depan Pos Polisi Kota di Jalan Sudirman. Pemko Payakumbuh mene­tapkan,  selama sepekan ini, menyatakan Payakumbuh daerah darurat kabut asap, karena polusi udara di Paya­kumbuh sudah di atas am­bang batas, dan dinyatakan berba­haya terhadap kesehatan.

Setelah dinyatakan daru­rat kabut asap, pemko juga meliburkan sekolah selama tiga hari, dan direncanakan berakhir Jum’at (10/9) nan­ti. “Disetiap posko akan ditugaskan tenaga kesehatan dan tenaga pengaman lain­nya. Kita akan evaluasi terus pencemaran udara akibat kabut asap ini,” sebutnya.

Dalam melakukan ak­tifitas di luar rumah, kantor atau bangunan, wawako me­ngajak warga untuk selalu memakai masker. Pasal­nya, dengan pencemaran udara akibat kabut asap seperti ini, tidak tertutup kemungkinan penderita ISPA akan me­ningkat.

Menurut wawako, ia juga sudah memerintahkan Sek­dako Benni Warlis melaku­kan koordinasi dengan Kan­tor Kementerian Agama dan MUI,  mengajak warga  melakukan shalat Istisqa. Kalau dapat penye­leng­ga­raan shalat Istiqsa itu dalam pekan ini kita lakukan.

Hujan Lebat Turun

Belum lagi dilaksanakan salat Istiqsa, hujan sudah membasahi bumi Paya­kum­buh. Hujan mulai turun sekitar pukul 15.45, sempat berhenti sebentar, namun hujan turun lagi dengan le­bat sampai pukul 17.25. Diperkirakan kabut asap akan jauh berkurang mulai pagi Rabu, karena kabut asap sudah disapu air hujan.

Pantauan Haluan hujan yang turun sore kemarin cukup lebat, membuat mas­yarakat kota ini menjadi lega. “Kita besok (Rabu red) mungkin tidak memakai masker lagi kalau keluar rumah untuk beraktivitas, karena hujan sudah turun,” ujar salah seorang warga Kota Payakumbuh, Ardi kepada Haluan di jalan Su­dirman kemarin. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]