APBD-P Kabupaten Solok Naik Rp2,4 Miliar


Selasa, 08 September 2015 - 18:45:27 WIB

Disebutkan, pada Ran­ca­ngan APBD Perubahan Ka­bupaten Solok tahun 20­15 senilai Rp 1,089 triliun, setelah dilakukan pem­baha­san dite­tapkan menjadi Rp1,­091 tri­liun. Kenaikan nilai APBD Perubahan sebe­sar Rp2,4 mi­liar lebih ini, disebabkan oleh pembeng­kakan belanja daerah dari Rp1,184 miliar menjadi Rp1,186 miliar lebih.

Kendati seluruh Fraksi menyetujui, namun bukan be­rar­ti tak ada catatan dari wakil rakyat ini terhadap kinerja pemerintah daerah selama ini. Seperti yang disampaikan oleh Fraksi PKS, yang berharap pemkab meningkatkan dan me­nam­bah dana alokasi nagari yang di­nilai masih belum me­ma­dai. “Kita juga men­dorong pelaksanaan pem­bangunan dengan me­mak­simalkan pola partisipatif,” kata juru bi­caranya Hary Prawestrie.

Sementara itu, Mulyadi dari fraksi Demokrat lebih me­nyorot kinerja Dinas PU. Pem­kab. Solok, kata dia, ha­rus banyak mela­kukan eva­luasi. APBD yang dilak­sanakan de­ngan dana yang besar ini namun hasil­nya sangat menge­cewa­kan.” B­e­tapa besarnya anggaran pada dinas PU. Tetapi ha­sil­nya tidak seperti apa yang ingin­kan. PU perlu di­eva­lua­si secara profesional,” tegasnya.

Fraksi Partai Nasdem me­lalui juru bicaranya buya Az­wir­man mengapresiasi ki­nerja Bupati Solok Devi Kurnia yang mampu mem­perlihatkan peru­bahan d­i­ling­kungan pegawai di ja­jaran Pemkab. Solok, khu­susnya dikaitkan dengan  ke­di­sip­linan pegawai. Na­mun de­mikian, Azwirman me­ngi­ngatkan agar bupati Solok juga melakukan mo­nitoring SKPD dengan me­ngukur serapan anggaran dan mengukur yang  masih rendah.

Menanggapi sejumlah cata­tan fraksi DPRD, Bupati So­lok Devi Kurnia me­nyam­paikan apresiasi yang tinggi. Persoalan yang dike­mu­kakan oleh wakil rakyat, menurut dia merupakan pe­san yang perlu disikapi ber­sama. Pihaknya me­nye­but­kan, di tengah mi­nimnya anggaran yang ada, efek­tifitas dan efisiensi peng­gunaan anggaran adalah se­buah solusi, karena de­ngan kondisi demikian, pe­merintah juga dituntut untuk dapat meng­ako­modir as­pirasi masyarakat untuk pembangunan.

Menyangkut serapan ang­­­garan yang relatif rendah, Devi Kurnia mengaku hing­ga awal September ini, baru tercapai sekitar 51,27 per­sen. Namun nilai serapan itu sudah lebih bagus dibanding serapan se­cara nasional yang masih ber­kisar di angka 30-an persen. “ Saat ini masih banyak kegiatan yang sedang berjalan dan belum tuntas pelaksanaannya, sehing­ga belum bisa dilaporkan se­ca­ra menyeluruh,” kata Devi. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 September 2020 - 14:19:02 WIB

    Luar Biasa, APBD-P Alokasikan Rp23,2 Miliar untuk Kegiatan DPRD Dharmasraya

    Luar Biasa, APBD-P Alokasikan Rp23,2 Miliar untuk Kegiatan DPRD Dharmasraya HARIANHALUAN.COM - Senyum sumringah bercampur lelah diprediksi akan menghiasi wajah para legislator di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, hingga akhir 2020. Hal itu terkait angka-angk.
  • Rabu, 09 September 2020 - 21:26:36 WIB

    Nota Pengantar APBD-Perubahan Disetujui DPRD Solsel

    Nota Pengantar APBD-Perubahan Disetujui DPRD Solsel HARIANHALUAN.COM - Seluruh Fraksi DPRD Solok Selatan (Solsel) menyetujui Nota Pengantar Ranperda APBD-Perubahan yang diajukan Pemkab Solsel dalam sidang paripurna penyampaian nota pengantar Ranperda APBD-P tahun 2020 di ruang.
  • Selasa, 30 Juli 2019 - 15:47:37 WIB

    APBD-P Sawahlunto Dibahas Secara Maraton

    SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Setelah hampir dua pekan dibahas secara maraton itu, APBD Perubahan Kota Sawahlunto 2019 ditetapkan dengan defisit pada kisaran Rp22,66 miliar..
  • Senin, 29 Juli 2019 - 15:08:50 WIB

    Erwin Yunaz Sampaikan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPRD Payakumbuh Terkait Ranperda APBD-P 2019

    Erwin Yunaz Sampaikan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPRD Payakumbuh Terkait Ranperda APBD-P 2019 PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Payakumbuh gelar rapat paripurna dengan agenda pengantar nota keuangan tentang Ranperda APBD Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran (TA) 2019 di Ruang Sidang Utama, DPRD Payakumbuh, Senin (.
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 15:41:39 WIB

    Estimasi APBD-P Sawahlunto Defisit Rp33,4 M

    SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPAS-P) APBD Kota Sawahlunto disepakti dewan, dengan estimasi pendapatan daerah mencapai Rp652,63 mili.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]