Padang Mampu Jadi “Pemain Dunia”


Selasa, 08 September 2015 - 18:50:42 WIB

“Padang bisa menjadi pemain dunia dengan keunggulan yang dimiliki dan kompetitif,” te­gas­nya di depan 70 kepala daerah kabupaten/kota yang hadir.

Dikatakannya, Slovakia me­ru­pakan negara yang cukup po­ten­sial untuk dibidik Padang dan kabupaten/kota lain di Indonesia sebagai pasar utama sebelum menembus pasar Eropa.

Dibidiknya Slovakia karena negara ini lebih memperhatikan standar kualitas suatu barang. “Slovakia akan menyerap gam­bir, rempah, palawija, kopi, dan teh dari Padang dan daerah lain di Indonesia karena komoditi kita lebih baik,” sebut Djumantoro.

Djumantoro menceritakan, gambir asal Padang dipastikan akan mampu mendapat tempat di Slovakia. Sebab, gambir asal Padang sudah dikenal cukup baik oleh sejumlah negara di dunia. “Padang pantas memasok gambir ke seluruh dunia,” tambahnya.

Selain gambir, kopi yang berasal dari Indonesia juga men­jadi ‘incaran’ Slovakia. Ini di­karena­kan rasa kopi Indonesia lebih unggul dibanding kopi di negara lain. “Di Slovakia lebih 63 persen masyarakatnya peminum kopi berat,” tukuk Djumantoro.

Di sisi lain, rempah asal Indonesia juga menjadi jawara di kelasnya. Rempah seperti kayu manis dan pala milik Indonesia masih berada di peringkat teratas dibanding negara lain yang me­ngek­spor ke Eropa dan daerah potensial lainnya. Pesaing Indo­nesia untuk rempah hanya dua negara saja. Rotterdam (Belanda) dan Rotterdam (Jerman) diang­gap unggul dalam hal nilai tambah.

“Rempah kita masih unggul dan jawara, meski belum me­menuhi standar mutu. Tetapi ini akan kita perbaiki lagi,” sebutnya.

Sementara itu, Prof. Helmi berharap seluruh daerah yang tergabung ke dalam IOLGF untuk menangkap peluang ini.

“Ini menjadi tantangan kita untuk memanfaatkan peluang,” katanya. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]