Ratusan Ruang Kelas SD Butuh Perbaikan


Selasa, 08 September 2015 - 18:52:09 WIB

Ia menjelaskan tidak diterimanya DAK selama dua tahun belakangan ini disebabkan masih banyak sekolah yang belum memperbaharui data inventaris, sehingga pemerintah pusat beranggapan sekolah tidak memerlukan DAK.

Ia mencontohkan, sebuah SD yang pada dua tahun lalu (2013) memiliki enam ruang kelas, dua ruang kantor, satu perpustakaan, dan dua WC, namun pada 2015, jumlah kelas tidak mencukupi karena adanya penambahan rombongan belajar (rombel).

Dengan kondisi demikian, lanjut dia, proses belajar mengajar siswa dilakukan secara bergantian, akibatnya ada siswa yang masuk pagi dan sebagiannya siang.

Ia mengakui sudah men­yosialisasikan dan mengimbau ke semua kepala se­kolah SD, untuk segera melakukan pem­ba­haruan data inventaris sekolahnya.

“Pemerintah pusat menurunkan DAK sesuai dengan data online yang dimasukkan oleh sekolah, dan celakanya kepala sekolah banyak tidak mengetahui sistem ini,” katanya.

Ia mengatakan saat ini di wilayahnya terdapat 345 SD negeri, 71 SD swasta, dan beberapa sekolah bergabung di satu gedung, akibat gedung masing-masing sekolah tersebut hancur akibat gempa.

Anggota DPRD Kota Padang, Mai­destal Hari Mahesa mengakui ada beberapa sekolah dasar di daerah pe­milihannya yang kondisi ruang kelasnya terbatas.

“Waktu saya reses satu minggu lalu, saya melihat sendiri beberapa gedung SD di dapil saya, tidak dapat menampung jumlah rombel yang ada, akibatnya mereka memberlakukan jam masuk bergilir,” katanya.

Ia berharap agar Disdik segera me­nin­dak lanjutinya, dengan secepatnya menginstruksikan kepada kepala se­kolah untuk fokus memperbaharui data inventaris gedung.

“Dengan data yang terbaru nantinya, tidak menutup kemungkinan pada tahun kedepan SD tersebut sedah kembali mendapatkan DAK,” katanya. (h/*)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]