Jalan Permindo Akan Dijadikan Kawasan Ramah Disabilitas


Selasa, 08 September 2015 - 18:52:50 WIB

Pelaksana tugas (Plt) Ke­pala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pa­da­ng me­lalui Kabid Pe­ngem­bangan dan Pe­ren­cana­an Fadelan beberapa waktu lalu me­ng­atakan, hal ini baru bisa direalisasikan pada 2016, ka­re­na keter­batasan dana untuk memulai pem­bangunan.

Sementara di tahun 20­15 ini, akan dibangun dua trotoar yang rata dengan jalan di kawasan Jalan Permindo dan Jalan Veteran Padang dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar.

“Permindo nantinya ak­an jadi kawasan jalan yang ramah penyandang di­sa­bi­litas. Te­tapi, tahun ini ka­wasan itu belum bisa mak­simal be­ro­perasi karena ban­yak proses yang harus kita lalui, mulai da­ri pe­nga­s­palan, pe­ngerukan, ser­ta pema­sa­ng­an lam­pu ja­lan,” urai Fadelan.

Untuk ka­wasan Jalan Per­mindo ya­ng jaraknya ti­dak terlalu pa­n­jang, pihak Dinas PU Pa­dang optimis pengerjaannya tidak akan me­makan waktu lama. Apa­lagi, PU punya target untuk cepat menuntaskan kawasan ra­mah disabilitas itu.

Fadelan juga berharap kepada pemilik toko, PD­AM, serta Telkom agar bisa diajak bekerjasama dalam mengembangkan kawasan ramah disabilitas itu.

Ketua Persatuan Pen­yan­dang Disabilitas Indo­nesia (PPDI) Kota Padang Icun Sulhadi sangat ber­harap Pem­ko segera mem­bangun trotoar bagi penyan­dang di­sabilitas di kawasan Per­mindo. “Ha­ra­pan kami ada jalan yang khu­sus di­perun­tukkan bagi kami di kawasan ini,” katanya.

Sebelumnya, rencana Pe­­m­­ko Padang di kawasan Per­mindo akan dipasang granit serta guiding block dengan disain jalur untuk para peng­guna kursi roda dan tongkat.

Pemko Padang juga akan mempercantik kawasan Per­mindo. Permindo akan di­ja­di­kan Padang Square-nya Kota Padang, sebagai pusat per­da­gangan yang cukup repre­sen­tatif dikunjungi masyarakat.

Langkah awal, seluruh ruas Jalan Permindo akan dibenahi dan disterilkan dari pedagang. Pedagang tidak diperbolehkan berjualan dari pukul 06.00 hingga 15.00. Kemudian dilakukan pembenahan saluran riol trotoar di kiri dan kanan jalan. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]