Dana Rajawali Siap Disalurkan


Selasa, 08 September 2015 - 19:08:21 WIB

Hal ini diungkapkan Pen­­jabat (Pj) Gubernur Sum­­bar, Reydonnyzar Moe­nek bersama rombongan saat kunjungan ke Harian Haluan, Selasa, (8/9) yang disambut Pemimpin Umum (PU) Harian Haluan, Zul Efendi, Wakil Pemimpin Perusahaan (WPU) David Mardian, Pemimpin Re­daksi (Pemred) Yon Erizon, Redaktur Pelaksana (Red­pel) Ismet Fanany MD, Koor­dinator Liputan (Korlip), Devi Diany, dan Redaktur Nova Ang­graini.

“Dana ini kabarnya mencapai Rp65 miliar yang saat ini masih mengendap. Kita bisa bayangkan kalau dana ini bisa segera disa­lurkan akan dapat membantu siswa miskin, mahasiswa miskin dan dosen untuk melanjutkan pendidikannya,” terangnya.

Regulasinya nanti kata Donny, akan melalui yayasan, apakah  yayasan pendidikan Sumbar atau nama lain, intinya dana ini harus bisa disalurkan. “Kita bisa ba­yang­kan 50 orang saja kita kirim untuk melanjutkan pendidikan dengan menggunakan dana abadi ini. Kita pakai bunga­nya saja, akan berapa banyak melahirkan orang hebat di Sum­bar,” terangnya.

Menanggapi usulan ini, Pa­mong Senior, Rusdi Lubis menilai ini adalah langkah bijak. Karena selama ini dana hibah PT Rajawali ini selalu menjadi Silpa semenjak di rekening Pemprov.

“Sebelumnya memang regu­lasi yang menghalangi penyaluran dana ini. Di mana Pemprov Sum­bar tidak boleh memiliki yayasan. Sehingga dana ini masih mengen­dap di rekening Pemda,” terang­nya kepada Haluan kemarin.

Namun, kalau Pemprov ingin tetap menyalurkan dana tersebut harus melalui yayasan yang diberi wewenang penuh tanpa campur tangan Pemda. “Nantinya posisi Pemda, hanya sebagai pengawas dana ini,” terangnya.

Ke depan yang harus diper­baiki kata Rusdi Lubis, yayasan yang akan menyalurkan dana ini. Apakah nantinya akan memakai yayasan yang lama dengan mela­kukan penyempurnaan atau de­ngan membentuk yayasan baru.

“Kalau ingin membuat yaya­san baru yang harus dilakukan agar mendapat pengakuan, dengan mendaftarkan ke Kemen­kum­ham. Yayasan Beasiswa Minang­kabau yang sebelumnya dibentuk, hanya mempunyai kekuatan no­taris saja,” paparnya.

DPRD Menunggu

Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar Armiati menyebutkan, Komisi V sebagai yang bertang­gung jawab melakukann pem­bahasan atas dana hibah PT Raja­wali tak bisa memstikan kapan dana  hibah  ini bisa dicairkan. Sebab saat ini DPRD masih menunggu bentuk pengelolaan diajukan oleh Pemprov.

“ DPRD masih menunggu sampai pemerintah provinsi (pem­prov) menemukan  dan mengajukan wadah  yang tepat untuk pengelolaan dana ke de­pan,”  ucap Armiati pada Ha­luan, Selasa (8/9).

Lebih lanjut ia mengatakan, bukannya DPRD  tak ingin dana segera cair, namun DPRD tak bisa berbuat banyak karena hingga sekarang Pemprov masih belum mengajukan usulan untuk pengelolaan dana Rajawali itu.

Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Siti Izati Aziz menam­bahkan, yang berwenang mencari solusi untuk pemanfaatan dana Rajawali ini adalah pemprov, bukannya DPRD.

Tentang pernyataan Pj Guber­nur Sumbar, Reydonnyzar Moe­nek yang mengatakan, dana Rajawali akan diupayakan untuk segera cair, Armiati dan Izzati sepakat untuk tidak berkomentar. (h/mg-isr/mg-len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:07:24 WIB

    Hebat Siswa SMPN 8 Padang! Dana Perpisahan yang Mereka Kumpulkan Diserahkan Membantu Sembako ke Pondok Pesantren

    Hebat Siswa SMPN 8 Padang! Dana Perpisahan yang Mereka Kumpulkan Diserahkan Membantu Sembako ke Pondok Pesantren HarianHaluan.com - Pandemi corona yang terjadi saat ini memberikan banyak dampak terhadap kesehatan dan ekonomi masyarakat. Sehingga banyak masyarakat yang mengalami kesusahan dan banyak pula yang ikut berpartisipasi untuk me.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 22:37:44 WIB

    Baznas Kota Padang Panen Perdana Lele Bioflog

    Baznas Kota Padang Panen Perdana Lele Bioflog PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu Makna Zakat adalah Tumbuh dan berkembang, dan makna dari zakat itu juga harus di implementasikan Oleh lembaga Amil Zakat dalam hal ini BAZNAS Kota Padang dalam bentuk Program Pemberdayaa.
  • Senin, 27 Mei 2019 - 15:02:16 WIB

    DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir

    DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra Senin (27/5) mewanti-wanti,  anggota DPRD Kota Padang agar jangan sampai menjadikan dana pokok-pokok pikiran (pokir) sebagai lahan proyek. .
  • Jumat, 05 April 2019 - 00:54:38 WIB

    Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta

    Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta PADANG, HARIANHALUAN.COM - Banyaknya marka jalan yang mulai memudar dan butuh sentuhan kembali, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan lakukan pembaruan. Tahun ini, anggaran sebesar Rp200 juta akan dilayangkan untuk pemb.
  • Senin, 07 Januari 2019 - 13:07:37 WIB

    5 Jam Galang Dana, Ojek Online di Padang Kumpulkan Rp32 Juta

    5 Jam Galang Dana, Ojek Online di Padang Kumpulkan Rp32 Juta PADANG. HARIANHALUAN.COM-Puluhan driver ojek online yang tergabung dalam Forum Komunikasi Driver Online Padang (FKDOP) menggalang dana untuk korban bencana tsunami Lampung dan Banten..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]