Harga Listrik Prabayar Transparan


Rabu, 09 September 2015 - 18:33:33 WIB

Kelebihan lain dari lis­trik pintar itu adalah pem­belian token/pulsa dapat disesuaikan dengan ke­mam­puan pelang­gan. Ttidak ada sanksi pemu­tusan, tidak ada sanksi Biaya Keterlambatan dan kemu­dahan pembelian dimana pulsa bisa diperoleh di ber­bagai payment point PLN. Untuk tempat pem­belian pulsa PLN sudah bekerja sama dengan pos dan bank yang mana bisa melalui ATM, SMS, dan internet.

Untuk biaya pemakaian juga dijelaskan, penghi­tu­ngan KWH Meter LPB sama saja dengan KWH Meter Analog karena telah melalui tahap standarisasi Tera (ti­dak lebih mahal. Begitu juga dengan  harga Rp/kWh Listrik Prabayar sudah dia­tur dalam TDL 2010 yang dikeluarkan oleh menteri ESDM No. : 07 Tahun 2010.

Sedangkan terkait hemat atau boros 100% dutentukan oleh perilaku pengunaan per­alatan listrik oleh pe­langgan. Sama halnya  de­ngan peng­gunaan telepon, dengan Lis­trik Pintar cen­derung orang akan berhe­mat. Seba­liknya dengan Pas­cabayar cenderung orang lebih boros karena kurang terkendali.

Namun layaknya suatu perubahan, peralihan listrik konvensional ke listrik pin­tar ini juga menimbulkan kecanggungan bagi peng­gunanya, walaupun sebenar­nya untuk formulasi reke­ning sama saja dengan listrik pascabayar. Kebanyakan pelanggan keliru dalam me­ng­artikan pulsa/token yang dibeli dengan berpikir bah­wa jumlah yang dibayarkan adalah sepenuhnya untuk pembelian kWh listriknya. Padahal sebagaimana listrik pascabayar, pelanggan juga harus membayar beberapa komponen lain yaitu PPJ, PPN dan biaya administrasi Pos/Bank. Kedua kom­po­nen tersebut tidak masuk ke dalam kas PLN jadi tidak memberi pengaruh apa-apa untuk kondisi keuangan PLN. Seandainya dalam lis­trik pascabayar biaya kom­ponen tersebut diuraikan terpisah, dalam listrik pra­bayar itu include dalam ru­piah yang dibayarkan oleh pelanggan.

Untuk biaya admi­nis­trasi sendiri bisa berbeda-beda jumlahnya tergantung tempat pembayaran dan media pem­bayarannya. Se­bagai contoh, pelanggan membeli di Bank Bukopin akan berbeda de­ngan pe­langgan membeli di BCA. Bahkan ketika membeli di bank yang sama pun, bisa saja berbeda tarifnya jika dibeli langsusng ke teller dengan melalui SMS ban­king. Biaya administrasi ini bu­kanlah ditentukan oleh PLN, melainkan melalui bank/pos yang dipilih oleh pelanggan.

Demikian pula dengan PPJ (Pajak penerangan ja­lan), biaya ini bukan untuk PLN melainkan peme­rin­tah. PLN hanya bertugas melakukan pemungutan, namun selanjutnya biaya PPJ ini akan disetorkan ke pemerintah.

Jadi rupiah yang dike­luarkan pelanggan harus diku­rangi biaya admi­nis­trasi pos/bank terlebih da­hulu, kemu­dian dikurangi biaya PPJ (Pajak Penera­ngan Jalan), sisanya yang kemudian dika­likan rupiah per kWh. (h/adv)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 02:03:17 WIB

    Siap Edar di Bulan Desember, Vaksin Covid-19 Buatan China Ini Harganya Rp2 juta

    Siap Edar di Bulan Desember, Vaksin Covid-19 Buatan China Ini Harganya Rp2 juta HARIANHALUAN.COM - Perusahaan farmasi China kemungkinan akan mulai memasarkan vaksin covid-19 pada akhir Desember nanti. Tak tanggung-tanggung, harganya dibandrol Rp 2 juta untuk dua kali dosis suntikan..
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:05:13 WIB

    Akhir Tahun, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Diedarkan, Berapa Harganya?

    Akhir Tahun, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Diedarkan, Berapa Harganya? HARIANHALUAN.COM - Saat ini dunia sedang berpacu menciptakan vaksin virus Corona atau Covid-19 untuk menekan jumlah pasien virus mematikan tersebut. Untuk harga vaksin Corona Sinopharm ditaksir 1.000 yuan atau sekitar Rp 2,16.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:57:23 WIB

    Wadaw, Nomor Telepon Ini Dijual Seharga Rp4,8 Miliar!

    Wadaw, Nomor Telepon Ini Dijual Seharga Rp4,8 Miliar! HARIANHALUAN.COM - Nomor ponsel yang diakhiri dengan lima angka '8' di China terjual seharga 2,25 juta yuan atau US$ 324.000 setara 4,8 miliar (kurs Rp 14.700/US$) pada lelang online yang diselenggarakan Pengadilan Rakyat Dis.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:14:14 WIB

    Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya?

    Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya? HARIANHALUAN.COM - Perusahaan vaksin China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) optimistis vaksin Covid-19 akan siap digunakan publik pada akhir 2020. Lantas berapa harganya?.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 23:01:54 WIB

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik HARIANHALUAN.COM – Para pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum mengalami kerugian yang cukup banyak, akibat dampak dari wabah virus COVID-19. Hal ini terjadi di seluruh dunia, termasuk negara-negara di Asia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]