15.000 Warga Kab. Solok Belum Punya e-KTP


Rabu, 09 September 2015 - 18:36:16 WIB

“Mengacu kepada Pera­turan KPU tentang Pilkada, kalau tidak memiliki surat panggilan memilih di daerah bersangkutan, calon pemilih bisa memperlihatkan KTP-nya sebagai bukti dia meru­pakan warga di daerah itu,” kata Muspian menjawab Haluan di Arosuka, Rabu (9/9) kemaren.

Dia menuturkan, untuk melakukan perekaman di lapangan, saat ini ada dua tim yang diturunkan dari Dis­dukcapil, masing-masing tim berjumlah 5 orang, ter­masuk operator. Disamping belum memiliki e-KTP, seba­gian masyarakat terse­but juga pemegang KTP sementara yang diterbitkan be­berapa bulan lalu ketika blang­ko e-KTP masih kosong.

“Mereka tersebar di 14 kecamatan, tapi umumnya tinggal di daerah terisolir seperti Kec. Tigo Lurah dan Hiliran Gumanti,” jelas Mus­fian.

Terkait KTP sementara lanjut Musfian, saat ini seti­daknya ada sekitar 8.000 warga yang masih meme­gang KTP sementara. Se­men­tara sejak diber­laku­kannya pro­gram penerapan KTP ber­basis Single Identity Num­ber (SIN) atau Pro­gram Penerapan Nomor In­duk Penduduk (NIP), dimana satu orang memiliki satu nomor induk kepen­dudukan (NIK), Disduk­capil juga telah menerbitkan seti­daknya 220.000 e-KTP di daerah penghasil beras itu.

Pada kesempatan itu, pihaknya meminta kepada warga yang belum me­mi­liki e-KTP, untuk lebih proaktif mendatangi tim perekaman yang turun di tiap nagari dan kecamatan, agar proses pe­rekaman data kepen­dudu­kan di daerah itu bisa terlak­sana dengan maksimal.

“Semuanya juga ter­gan­tung kepada keaktifan ma­syarakat yang ber­sang­kutan. Kita berharap upaya ini bisa berjalan maksimal men­jelang pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) dike­luarkan oleh KPU. Minimal targetnya 85 persen,” im­buhnya. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]